Tak Hanya Gendang Beleq, Lombok Punya Macam-macam Musik Tradisional yang Lain

Pemain musik tradisional Lombok

Mataram (Inside Lombok) – Suku Sasak memiliki kesenian tradisional yang beragam. Selain tarian ada juga musik tradisional yang biasanya dimainkan saat melangsungkan pertunjukan seni atau menyelenggarakan acara tradisional. Gendang Beleq merupakan salah satu kesenian musik tradisional yang paling diketahui oleh masyarakat Lombok. Padahal, Lombok masih punya beragam musik tradisional lain yang tak kalah menarik.

Berikut berbagai musik tradisional Lombok yang menarik untuk diketahui:

  1. Gamelan

Gamelan Lombok merupakan hasil akulturasi kebudayaan Bali dan kebudayaan Sasak. Musik Gamelan dapat dijumpai pada acara syukuran atau perayaan (begawe), sebagai pengiring tarian tradisional, atau pertunjukan drama

  1. Rebana

Awalnya alat musik Rebana ini digunakan untuk mengiringi dzikir yang disebut burdah atau kasidah. Namun, seiring berkembangnya zaman dan juga terjadi pergeseran budaya, alat musik Rebana saat ini digunakan sebagai pengiring arak-arakan pengantin (nyongkol) atau dimainkan pada acara khitanan.

  1. Cilokak

Merupakan salah satu musik tradisional yang cukup akrab di telinga masyarakat Lombok. Sebab, musik ini sering dimainkan saat acara pernikahan, khitanan, atau perayaan tradisional lainnya. Musik ini biasa dimainkan dengan lagu-lagu tradisional, namun saat ini mengalami perubahan menjadi dimainkan bersama lagu-lagu dangdut.

  1. Gendang Beleq

Musik tradisional yang satu ini paling terkenal diantara yang lainnya. Gendang Beleq berasal dari dua kata yakni “Gendang” yang artinya alat tabuh dan “Beleq” yang artinya besar. Sesuai dengan pengertiannya, Gendang Beleq ini memang alat musik tabuh yang ukurannya besar. Pemain Gendang Beleq akan membawa Gendang ini di badan mereka lalu menabuhnya dari kedua sisi. Gendang Beleq biasanya ditemukan saat acara Nyongkolan. Uniknya, Gendang Beleq ini pada zaman dahulu digunakan untuk mengiringi prajurit kerajaan Lombok ketika berperang.

  1. Genggong

Genggong merupakan alat musik tiup yang mengeluarkan suara tinggi yang disebut geng dan suara rendah yang disebut gong. Genggong ini dimainkan secara berpasangan yaitu antara yang bersuara tinggi yakni Genggong Lanang (genggong laki-laki) dan yang besuara rendah yakni Genggong Wadon (genggong perempuan). Dulu, Genggong ini digunakan masyarakat sebagai penghibur diri saat sedang menggembala kerbau atau sehabis bekerja di sawah.

Itulah berbagai macam alat musik tradisional Lombok. Jadi, terbukti kan Lombok punya kesenian yang unik dan menarik untuk diketahui.