Taman Nasional Gunung Rinjani Sudah Dibuka, Ini Jalur Resmi untuk Para Pendaki

Mataram (Inside Lombok) – Tepat pada tanggal 1 April 2021, Taman Nasional Gunung Rinjani akan dibuka kembali untuk umum. Para pendaki yang sudah rindu memuncak ke Gunung Rinjani bisa segera berkemas. Untuk para pendaki sebaiknya menggunakan jalur resmi yang sudah pasti keamanannya. Berikut jalur resmi yang dapat dilalui pendaki:

  1. SEMBALUN

Jalur pendakian Sembalun adalah jalur yang sangat indah dengan padang savananya. Untuk sampai Pelawangan Sembalun, pendaki harus mendaki sekitar 2700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Jalur ini terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Bagi para pendaki yang ingin ke puncak Rinjani (summit) pasti akan melewati dan bermalam di Pelawangan ini. Kelebihannya, jalur dari Sembalun cukup landai dengan hamparan rumput di perbukitan yang luas. Selain itu titik mata air juga banyak tapi yang paling bersih ada di pos 3.

  1. SENARU

Untuk sampai ke Pelawangan via Senaru, kalian harus mendaki sekitar 2641 mdpl. Jalur Senaru terletak di wilayah Lombok Utara, tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan. Jalur Senaru memang memiliki kuantitas tanjakan yang lumayan, tapi jangan khawatir sebab rasa lelah akan terbayarkan begitu sampai di atas nanti.

  1. TIMBANUH

Selanjutnya adalah jalur Timbanuh, untuk sampai ke Pelawangan kalian harus mendaki sekitar 2800 mdpl. Jalur ini terletak di desa Timbanuh, Kec Peringgasela Lombok Timur.

Tapi kalau melalui jalur ini, kalian tidak disarankan untuk turun ke danau karena tracknya yang terjal dan dilarang juga oleh pihak pengelola.

  1. AIK BERIK

Pelawangan Aik Berik, memiliki ketinggian 2508 mdpl terletak di Desa Aik Berik, Batukliang Utara, Lombok Tengah. Jika pendaki melewati jalur Aik Berik, pendaki akan melewati hutan alam yang masih sangat alami. Di hutan tersebut terdapat berbagai satwa. Selain itu, jalur ini memiliki banyak mata air.

  1. TETEBATU

Tujuan utama dari jalur ini adalah Bukit Tetebatu atau Tetebatu Hill yang terletak di Taman Nasional Gunung Rinjani di ketinggian 2.550 mdpl, termasuk dalam wilayah Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur.

Dari tempat ini kita bisa menyaksikan pemandangan yang indah ke arah danau Segara Anak, Gunung Baru Jari, dan Puncak Gunung Rinjani. Selain itu, dari tempat ini juga bisa mencapai Danau Segara Anak dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 4 jam.

  1. TOREAN

Walaupun Jalur Torean tidak seramai jalur yang lain, jalur Torean memiliki keindahan yang tak bisa diabaikan. Jalur ini begitu indah dengan bukit-bukit tebing besar kehijauan, ada pula air terjun di ujung tebingnya. Jalur torean dapat kalian akses dari Dusun Torean, Desa Loloan, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Salah satu hal yang paling unik dari jalur ini adalah terdapat air terjun yang super eksotis bernama Air Terjun Penimbungan.