Tujuh Bukit di KEK Mandalika Segera Dipenuhi Bunga Kertas

Bukit-bukit yang ada di KEK Mandalika mulai ditanami bunga kertas. (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) saat ini sudah mulai melakukan proses penanaman bunga bougenville atau bunga kertas di bukit-bukit yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Sudah mulai penanaman tahap pertama sebanyak 20 ribu bibit dari total 40 ribu bibit”,kata Operation Head PT ITDC, I Made Pari Wijaya belum lama ini lokasi pembangunan sirkuit MotoGP.

Dikatakan, tujuh bukit yang ditanami bunga kertas ini adalah bukit yang dilalui oleh lintasan sirkuit MotoGP. Penanaman pertama dilakukan di bukit pertama yang menjadi star event balap dunia MotoGP.

“Jadi ketika penonton nanti melihat (keindahan bunga kertas), pas di tikungan pertama setelah track lurus”,katanya.

Bibit bunga kertas adalah bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup (DLH). Bunga kertas yang akan ditanam mulai dari warna merah, putih, namun lebih banyak warna ungu. “Tapi lebih banyak warna ungu”,jelas Pari Wijaya.

Pihaknya saat ini tengah mencari partner kerjasama atau sponsor untuk membantu penanaman bibit yang telah diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

“Kami berkoordinasi dengan Pemprov NTB untuk mempercepat proses penanaman ini.
Sambil menunggu musim hujan November-Januari”, imbuhnya.

Ditargetkan, saat event balap dunia MotoGP digelar pada bulan Oktober 2021 nanti, bunga kertas yang ditanam di bukit-bukit tersebut telah berbunga. Sehingga menambah keindahan dan kemeriahan event tersebut.

“Ini juga untuk menjaga kelestarian lingkungan”, katanya.