Baznas Lotim Siapkan Subsidi Pendidikan Bagi Siswa Miskin dan Berprestasi

235
Ismul Basar saat ditemui di ruangannya, di Selong, Selasa (15/09/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) akan memberikan bantuan subsidi pendidikan kepada sejumlah siswa di Lotim. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), serata sejumlah mahasiswa.

Ketua Baznas Lotim, Ismul Basar mengatakan, bantuan subsidi pendidikan tersebut untuk meringankan beban masyarakat ditengah merosotnya prekonomian akibat wabah Pandemi Covid-19. Masing-masing siswa nantinya akan diberikan bantuan senilai Rp500.000.

“Sementara penyaluran subsidi ini nantinya akan diperuntukkan kepada 100 siswa penerima pertama, dan akan segera kita berikan dalam waktu dekat. Dengan jumlah anggaran yang kita siapkan mencapai Rp50 juta sampai dengan Rp60 juta, “ucapnya.

Tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) tidak masuk dalam daftar penerima bantuan subsidi pendidikan, dikarenakan tingkat SMA akan mendapat bantuan dari Baznas Provinsi NTB.

Sementara, untuk penyaluran bantuan subsidi pendidikan tersebut akan diambil dari perwakilan masing-masing kecamatan sebanyak enam orang. hal tersebut dilakukan guna bantuan subsidi dapat disalurkan secara merata.

“untuk penyalurannya, kita akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur serta sejumlah stake holder terkait,”katanya.

Sedangkan, bagi sejumlah mahasiswa strata satu juga akan diberikan, baik yang kuliah di luar daerah maupun dalam daerah. Hal tersebut untuk membantu meringankan pembayaran UKT bagi mahasiswa.

Ismul berharap nantinya dengan bantuan tersebut para siswa dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, terutama kebutuhannya dalam proses belajar.