Belajar Tatap Muka Mulai Januari, Ini yang Harus Dipatuhi Sekolah

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Pemkab Lombok Tengah memastikan belajar tatap muka jenjang PAUD-SMP akan resmi dimulai pada tanggal 4 Januari 2021.

Kepastian itu setelah tidak adanya kasus Covid-19 di lingkungan sekolah pada masa simulasi belajar tatap muka yang berlangsung pada bulan November lalu.

“Ini juga sesuai dengan arahan Kemendikbud bahwa belajar tatap muka dimulai Januari 2021,”kata PLT Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah, HM.Nazili, Selasa (29/12) di Praya.

Meski demikian, protokol pencegahan Covid-19 harus tetap dijalankan. Bahkan harus ditingkatkan pada saat belajar tatap muka nanti. Karena kasus Covid-19 masih ada.

Sekolah dengan jumlah murid yang banyak harus memberlakukan sistem shift untuk menghindari Covid-19.

“Bagi sekolah yang gemuk (siswa) disarankan untuk pakai shift. Bagi sekolah yang tidak gemuk, yang jumlah siswa tidak lebih dari 18 orang bisa tidak pakai shift,”ujar Nazili.

Selain itu, sarana prasarana pencegahan Covid-19 harus tetap disiapkan seperti tempat cuci tangan dan mengatur jarak tempat duduk siswa.

Begitu pula dengan masker. Pihaknya berencana akan mengarahkan sekolah untuk menggunakan dan bantuan operasional sekolah (BOS) untuk pengadaan masker. “Mungkin akan seperti itu nanti,”katanya.

Dia juga mengatakan, hari sekolah mulai tahun 2021 akan berubah menjadi enam hari dari sebelumnya yakni lima hari. Jenjang PAUD juga akan mulai masuk setelah saat simulasi jenjang tersebut tidak masuk.