Hari Pertama Masuk Sekolah di Loteng Masih Pakai Sistem Shift

Kegiatan belajar tatap muka siswa di Lombok Tengah. (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Seluruh siswa jenjang PAUD-SMP di Lombok Tengah akhirnya resmi mulai belajar di sekolah pada Senin (04/01/2021) ini.

Proses belajar mengajar tatap muka di masa pandemi Covid-19 ini masih memberlakukan sistem shift di beberapa sekolah yang jumlah siswanya lumayan banyak.

Seperti yang berlaku di SDN Lendang Terong desa Barebali kecamatan Batukliang. Jumlah siswa di sekolah tersebut sebanyak 150 orang dengan enam rombongan belajar . Sehingga dibagi menjadi dua shif yakni masuk pagi dan siang hari.

“Yang shift pertama masuk jam 7 sampai jam 10 pagi. Yang shift kedua masuk jam 10 sampai jam 1 siang,”kata salah satu guru, Yuanita Erfiana.

Namun, pada Senin (4/12) ini, siswa hanya dibagikan raport saja. Sedangkan proses belajar mengajar akan mulai berlangsung keesokan harinya.

Saat masuk sekolah, baik siswa maupun guru mempedomani protokol Covid-19, baik itu mencuci tangan, memakai masker dan juga menjaga jarak.

Senada dengan itu, PLT Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah, HM.Nazili dalam kesempatan yang berbeda mengatakan, sekolah wajib mempedomani protokol Covid-19 saat berlangsung kegiatan belajar tatap muka.

Untuk penggunaan masker, pihaknya berencana akan mengarahkan sekolah untuk menggunakan dan bantuan operasional sekolah (BOS) untuk pengadaan masker.

“Mungkin akan seperti itu nanti,”katanya.

Dia juga mengatakan, hari sekolah mulai tahun 2021 akan berubah menjadi enam hari dari sebelumnya yakni lima hari. Jenjang PAUD juga sudah mulai masuk setelah saat simulasi akhir tahun lalu jenjang tersebut tidak masuk.