Bukit Anak Dara Terbakar, Api Semakin Menjalar dan Sulit Dipadamkan

Suasana kebakaran di Bukit Anak Dara. (Inside Lombok/Istimewa dari Berbagai Sumber)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Musibah kebakaran melanda Bukit Anak Dara yang berada di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Hingga berita ini ditulis, api belum bisa dipadamkan.

Salah seorang pengelola Bukit Anak Dara Sembalun, Setiawan Jodi mengatakan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 wita. Melihat kejadian tersebut, pihak pengelola bersama dengan Polsek Sembalun dan juga pihak Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Sembalun, langsung menuju lokasi kejadian yang saat itu api masih berada di bawah pos satu pendakian.

“Pada saat itu kita dari pihak pengelola bersama dengan Polsek Sembalun dan juga KPH langsung menuju lokasi di pos satu, akan tetapi api semakin menyebar ke arah barat menuju puncak,” ucap Setiawan saat dihubungi Inside Lombok melalui sambungan telepon, Jumat (13/11).

Namun, sampai pukul 19.40 wita, api tersebut tidak bisa dipadamkan dan semakin meluas. Diperkirakan penyebab kebakaran tersebut merupakan faktor cuaca yang begitu terik. Pasalnya, kata Setiawan, beberapa hari terakhir ini tidak ada pendaki yang mengunjungi bukit tersebut.

“Kita belum tahu pasti penyebabnya, akan tetapi hampir satu minggu ini Sembalun dilanda oleh cuaca yang begitu panas dan terik, walaupun ada hujan tapi dengan intensitas ringan,” tambahnya.