Kebakaran Lahan di Desa Badrain Diduga Akibatnya Puntung Rokok

135
Para petugas dan masyarakat sekitar lokasi kebakaran lahan di Desa Badrain, Narmada, berjibaku saling membantu memadamkan api. Selasa (15/09/2020). (Inside Lombok/Yudina Nujumul Qur'ani).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Kemarau panjang tahun ini mengakibatkan banyak lahan mengalami kekeringan dan rentan memicu kebakaran. Seperti kebakaran lahan yang terjadi pada siang hari ini, Selasa (15/09/2020) di desa Badrain, kecamatan Narmada.

Si jago merah dengan cepat merayap terbawa angin dan material kering yang ada di lokasi. Sehingga menyebabkan hektaran sawah milik warga hangus terbakar. Semakin siang api pun semakin membubung tinggi. Hingga menyebabkan warga sekitar berhamburan keluar meninggalkan rumahnya, karena panik kalau api bisa saja turut menyapu pemukiman mereka.

Puluhan warga pun memilih untuk mengevakuasi anak-anak dan orang tua, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Tetapi kebakaran disinyalir terjadi akibat adanya oknum yang dengan sengaja membuang putung rokok ke areal persawahan tersebut.

“Dugaan awal kita sepertinya api ini diakibatkan dari putung rokok yang sengaja dibuang oleh pejalan kaki yang melintas di sana” kata Kepala Desa Badrain, Romi Purwandi, saat dimintai keterangan di sekitar lokasi kebakaran, Selasa (15/09/2020).

Dirinya menyambungkan, bahwa akibat putung rokok yang dibuang ke areal persawahan tersebut yang memicu api semakin besar. Hingga membakar hampir sebagian besar lahan perkembunan bekas pengolahan batu apung tersebut.

“Api ini semakin sulit dipadamkan karena turut membakar juga bekas tumpukan kayu dan batu apung yang ada disini” imbuh Kepala Desa Badrain ini.

Hingga berita ini dituliskan, petugas pemadam kebakaran bersama dengan pamong desa dan warga sekita masih berjibaku saling membantu untuk memadamkan api.