Satu Hektare Savana di Sembalun Hangus Akibat Pembakaran Pemilik Lahan

Kurang lebih satu hektar hutan di kawasan KPH Rinjani Timur Minggu (7/9) sekitar pukul 10.00 Wita, ludes terbakar akibat ulah warga yang sengaja melakukan pembakaran.

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kurang lebih satu hektar hutan di kawasan KPH Rinjani Timur Minggu (7/9) sekitar pukul 10.00 Wita, ludes terbakar akibat ulah warga yang sengaja melakukan pembakaran.

Kapolres Lotim melalui Kapolsek Sembalun Iptu L Panca Warsa bersama Tim Kahutla (anggota Polsek, Koramil. dan petugas KPH Rinjani Timur) langsung  mendatangi lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman api, hanya saja pemadaman tak bisa dilaksanakan maksimal, karena lokasi yang terbakar cukup terjal.

“Tim Karhutla telah berusaha melakukan pemadaman api meski gunakan alat seadanya, namun api hingga saat ini masih menyala,”  kata kapolsek.

Tak bisanya api dipadanlmkan secara maksimal, menurut Panca,  karena lokasi kebakaran cukup terjal, dan tim Kahutla hanya bisa berharap api tak menyebar ke pemukiman warga.

Dikatakan, sumber api diduga berasal dari kebun/lahan milik Amaq Musti salah seorang warga Desa Sembalun Bumbung yang saat itu sedang membersihkan lahan kebun miliknya, dengan cara dibakar dan tanpa pengawasan.

Karena tanpa pengawasan mengakibatkan api menjalar ke padang savana Bukit Adas.

“Api  menjalar sampai ke kawasan KPH Rinjani Timur, kurang lebih 1 hektar lahan KPH terbakar,” sebutnya.

Akibat ulahnya, Amak Musti diamankan pihak kepolisian untuk mempertangungjawabkan perbuatannya

“Pemilik lahan asal api, kini dalam proses pemeriksaan  di Mapolres Lotim” jelasnya. (Ant)