65 Anggota DPRD NTB Periode 2019-2024 Dilantik

Pengucapan sumpah janji 65 anggota DPRD Nusa Tenggara Barat (NTB) masa jabatan 2019-2024 oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Mataram, H. Kresna Menon, SH, MH, didampingi masing-masing pemuka agama di Ruang Rapat Paripurna, Kantor DPRD NTB, Senin (2/9/2019). (Inside Lombok/ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (Inside Lombok) – Sebanyak 65 orang anggota DPRD Nusa Tenggara Barat resmi dilantik melalui rapat paripurna pengambilan sumpah janji jabatan anggota DPRD NTB masa jabatan 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD NTB, Senin.

Pengucapan sumpah janji anggota DPRD NTB masa jabatan 2019-2024 itu dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Mataram,
H. Kresna Menon, SH, MH, didampingi masing-masing pemuka agama.

Usai pengambilan sumpah dan janji, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pelantikan secara simbolik oleh masing-masing ketua partai. Proses penandatanganan disaksikan Ketua Pengadilan Tinggi NTB dan seluruh perwakilan masyarakat yang hadir. Kemudian yang dilanjutkan dengan penyematan pin anggota oleh Ketua Pengadilan Tinggi NTB.

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah yang hadir bersama Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalillah, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota DPRD NTB yang baru dilantik.

“Selamat mengemban amanah dari rakyat,” ucapnya.

Gubernur berharap, segala prestasi yang telah ditorehkan anggota dewan sebelumnya, dapat dijadikan motivasi untuk dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan oleh anggota dewan yang baru.

Menurutnya, anggota dewan yang terpilih dan dilantik saat ini, merupakan orang-orang terbaik yang akan mengabdi bagi kemajuan masyarakat dan daerah NTB.

Untuk itu ia mengajak, seluruh anggota dewan untuk bersinergi membangun daerah menjadi lebih baik di masa akan datang. Selain itu, gubernur juga menyampaikan terimakasih atas pengabdian terbaik kepada anggota dewan sebelumnya.

Sementara itu, Ketua DPRD NTB sementara Hj. Baiq Isvie mengatakan, semua gagasan dan mekanisme yang belum terlaksana pada masa jabatan anggota dewan 2014-2019, akan dilanjutkan dan ditingkatkan pada periode berikutnya 2019-2024.

“Semua prestasi NTB dalam berbagai bidang, akan dijadikan sebagai penunjang oleh anggota dewan pada masa berikutnya,” ujar politisi Partai Golkar tersebut.

Isvie mengajak seluruh anggota dewan terpilih, untuk mengemban amanah masyarakat dengan baik serta mendukung program pemerintah dalam mewujudkan NTB Gemilang di masa akan datang.

Untuk itu, ia meminta, dukungan dan kerja yang harmonis dengan anggota dewan dan pihak pihak lainnya, serta doa dari seluruh masyarakat NTB, agar anggota dewan masa jabatan 2019-2024, dapat menjalankan tugas dan amanah dari masyarakat NTB, dengan sebaik-baiknya.

Diketahui, 65 anggota DPRD NTB tersebut, merupakan hasil dari Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019. Sebagian dari anggota DPRD yang dilantik, 20 di antaranya merupakan anggota DPRD, periode 2014-2019, yang terpilih kembali menjadi anggota DPRD NTB, masa bhakti 2019-2024.

Dari 16 Parpol yang ikut menjadi kontestan Pemilu 2019, kursi terbanyak di DPRD NTB ditempati Partai Golkar dengan 10 Kursi, Gerindra 9 kursi, PKS 7 kursi, PPP 7 Kursi, Partai Demokrat 7 Kursi, PKB 6 Kursi, NasDem 5 kursi, PAN 5 kursi, PDIP 4 kursi, Partai Berkarya 2 kursi, PBB 2 kursi, Hanura 1 kursi,

Prosesi pelantikan juga dihadiri Bupati/WaliKota se-NTB, Forkopimda Provinsi NTB, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-NTB, Sejumlah Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode sebelumnya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua dan anggotq KPU se-NTB, Bawaslu se-NTB, Organisasi Wanita dan LSM. (Ant)