Home Sosial Idap Tumor dan Infeksi Saluran Otak, Azka Pratama Butuh Bantuan

Idap Tumor dan Infeksi Saluran Otak, Azka Pratama Butuh Bantuan

Azka Pratama saat dirawat di RS Kota Mataram (Inside Lombok/Istimewa).

Mataram (Inside Lombok) – I Gede Azka Pratama Putra, bocah 4,5 tahun asal Cakranegara Selatan ini harus menahan rasa sakit tumor yang dideritanya. Lantaran ia didiagnosa oleh dokter mengindap tumor otak dan infeksi saluran otak.

Paman Azka, Gede Buleq mengatakan Azka mulai merasakan sakit sejak 4 November 2019 lalu. Ia mengalami gejala kejang-kejang, bahkan sempat setengah badannya tidak bisa digerakkan. Saat ini Azka sedang dirawat di ruang PICU (Pediatric Intensive Care Unit) Rumah Sakit Kota Mataram.

“Baru tadi pagi keluar hasil CT scan dan rekam otak. Sakitnya sudah 1 bulan lebih. Pertama kejang-kejang dia bolak-balik ke rumah sakit, seringkali kumat kejangnya dan ternyata sekarang hasilnya begini,” ujar Gede kepada Inside Lombok, Kamis (12/12/2019).

Sesuai saran dokter, Azka harus minum obat selama 5 hari dan harga satu botol obat ini mencapai Rp2,9 juta. Dalam satu hari, Azka harus menghabiskan satu botol obat tersebut.

Jika dalam 5 hari tidak ada perubahan yang terlihat, maka Azka akan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, Denpasar untuk diberikan perawatan dan pengobatan secara intensif. Sementara pihak keluarga sendiri masih belum memiliki biaya untuk pergi ke RSUP Sanglah.

Ibu Azka, Ni Kadek Ayu Kartika Sari menuturkan bahwa untuk biaya ruang perawatan dan obat-obatan biasa telah ditanggung oleh pihak Dinas Sosial.

Namun, pihak Dinsos tidak bisa menanggung biaya untuk proses perawatan di Bali kelak jika Azka jadi dirujuk ke RSUP Sanglah.

“Hanya biaya pengobatan yang kita belum ada, sedangkan Azka butuh 5 botol untuk 5 hari. Kalau di Bali tidak bisa pakai Dinsos karena cuma di sini aja pelayanannya, tidak bisa keluar daerah,” kata Ayu.

Sementara itu, kondisi Azka saat ini terlihat makin menurun. Menurut pantauan Ayu, Azka sudah tidak bisa berbicara dan berjalan seperti sediakala selama 3 minggu terakhir. Bahkan ia sudah tidak mampu untuk mengingat kembali.

“Dia sudah tidak ingat siapa-siapa,” ungkap Ayu.

Hingga saat ini, pihak BPJS sedang berupaya untuk membantu ringankan proses pembiayaan pengobatan Azka.

“Untuk BPJS Azka saat ini sedang diurus untuk diaktifkan kembali,” tambahnya.

Pihak keluarga membuka donasi untuk biaya pengobatan Azka. Donasi tersebut bisa disalurkan ke Pemuda Cakra Bersatu (PCB) atau melalui rekening Ibu Azka yakni 357001026711530 (BRI) atas nama Ni Kadek Ayu Kartika Sari. Info selanjutnya mengenai donasi, bisa menghubungi kontak berikut 087765901676 (Gede Darmayasa).