Inovatif, Dinas Ketahanan Pangan NTB Luncurkan Toko Tani Indonesia Centre

Wakil Gubernur Provinsi NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi bersama dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, Ir. Hj. Budi Septiani, saat berkeliling lokasi acara di Udayana, Jumat (30/11/2018). (Inside Lombok/IL4)

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB mengadakan peluncuran Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) yang diselenggarakan di Jalan Puring, Udayana, Mataram pada hari Jumat pagi (30/11/2018) dimulai pukul 08.00 WITA.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi untuk melakukan pemotongan pita peresmian TTIC Mataram. Turut hadir pula Kepala Dinas Kominfotik, Drs Tri Budiprayitno, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dari 10 Kabupaten/Kota, 43 PUPM dari tiap Kabupaten/Kota yang memasok TTIC, para distributor, dan beberapa asosiasi pangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, Ir. Hj. Budi Septiani, menyatakan bahwa acara peluncuran ini diadakan setelah TTIC Mataram sudah berdiri selama 1 tahun.

“Sebenarnya launching (peluncuran) diadakan di awal, tetapi kami adakan setelah ada lampu hijau mendapatkan anggaran untuk lokasi pembentukan TTIC dari pusat,” ujarnya, Jumat (30/11/2018).

Sebelum mendapatkan lokasi tetap, pada bulan November 2017 lalu pihak Diskapang melakukan uji coba di salah satu Perseroan Terbatas (PT) milik Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB. Selanjutnya, pada bulan Maret 2018 TTIC memiliki lokasi tetap.

“Kemudian Alhamdilillah pemerintah daerah memberikan kita tempat ini pada bulan Maret 2018 dan sejak itu kami sudah mulai beroperasi di sini,” ungkap Septiani.

Ia juga menyampaikan pesan atas peresmian TTIC Mataram agar fungsi dari program usaha ini bisa berjalan baik. Yaitu sebagai stabilitasi harga dan pasokan pangan. Selain itu, harga barang di TTIC lebih murah dari harga yang ada di pasar-pasar lain sehingga harganya terjangkau. Kemudian juga peran TTIC untuk mengadakan suatu gerakan menyangkut hal pangan.

“Ada gerakan pangan dan gerakan menanam sekaligus menghimbau masyarakat NTB untuk memanfaatkan pekarangan halaman untuk memenuhi pasokan pangan keluarganya,” imbuhnya.

Berdasarkan keterangan Septiani, Toko Tani Indonesia Centre ini diprioritaskan untuk daerah perkotaan lantaran di kota sering terjadi inflasi. Namun, ia tetap mendorong untuk Kabupaten/Kota di Provinsi NTB lainnya segera membuka TTIC.

Wakil Gubernur Provinsi NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi turut memberikan sambutan pada acara launching TTIC Mataram sesaat setelah berkeliling mengunjungi stand produk pangan yang disediakan dalam acara ini dan melakukan pemotongan tali tanda peresmian TTIC.

“Setelah ini diresmikan, mari kita sama-sama pikirkan bagaimana toko tani ini bisa menjadi acuan masyarakat NTB untuk berbelanja. Mari kita bersama membantu agar kesejahteraan petani semkin lebih baik,” sambut Umi Rohmi.

TTIC dibuka setiap hari senin hingga jumat sampai pukul 16.00 WITA. Khusus hari minggu, TTIC hadir di Inspiratif EXPO. (IL4)