Lotim Mendapat Tambahan Kuota JPS Gemilang Sebanyak 5.235 KK

H. Ahmad, Kadis Sosial Kabupaten Lombok Timur, saat ditemui di kantornya, di Selong (12/05/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Bantuan berupa JPS Gemilang dari Provinsi NTB telah masuk pada tahap kedua. Kabupaten Lombok Timur mendapat tambahan kuota sebanyak 5.235 KK.

Kapala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur, H Ahmad mengatakan, tambahan jumlah kuota tersebut terseber di 110 Desa yang jumlah KK pendapat bantuan JPS Gemilang dibawah 50 KK. Sehingga masing-masing Desa di Lombok Timur mendapat jumlah kuota diatas 100
KK.

“Tambahan ini kecil, namun sangat berarti bagi kita, apalagi pada saat situasi seperti ini,” ujarnya kepada Inside Lombok, di Selong, Selasa (12/05/2020).

Pada tahap awal, Kabupaten Lombok Timur mendapat 37.235 KK dan pada tahap kedua mendapat tambahan kuota JPS Gemilang. Sehingga total kuota yang didapat Lombok Timur yaitu 42.788.

Dalam penambahan kuota tersebut, Dinsos Lotim hanya diberikan waktu selama dua hari untuk memverifikasi data. Oleh sebab itu, Dinsos Lotim menugaskan para pendamping PKH dan operator desa dan selanjutnya berkoordinasi dengan Kepala Desa untuk membuat berita acara.

“Kami menugaskan pendamping PKH dan operator desa untuk verifikasi data di lapangan, karena mereka yang tahu kondisi masyarakat apakah layak menerima bantuan atau tidak,” ucapnya.

Sedangkan pembagian kuota untuk desa sudah ditetapkan dari Provinsi. Termasuk nama-nama desa yang menerima penambahan kuota JPS Gemilang ini. Sebelumnya pihak desa menyerahkan data yang sudah diverifikasi beserta berita acara.