Nelayan Mataram Dapat Bantuan Kapal Tangkap Ikan

Tiga kapal tangkap ikan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk nelayan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. (Inside Lombok/ANTARA/Nirkomala.ho)

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mendapatkan bantuan kapal tangkap ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk nelayan  sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap daerah yang terdampak bencana gempa bumi tahun 2018.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Mataram Hj Baiq Sujihartini di Mataram, Senin, mengatakan tiga kapal tangkap tersebut memiliki bobot 3 gross tonnage (GT), dengan jarak tempuh sekitar 3 mil.

“Tiga kapal tangkap ikan bantuan dengan kapasitas hasil tangkapan kurang dari 1 ton itu sudah diserahterimakan kepada tiga kelompok nelayan di Mataram,” kata Sujihartini didampingi Kepala Bidang Perairan Tangkap Emir Rumair.

Tiga kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan itu adalah Kelompok Usaha Bersama (KUBe) Samudra Biru dan KUBe Maju Bersama untuk zona selatan, serta KUBe Bina Bahari Jaya untuk nelayan zona utara.

Menurutnya, tiga kapal tangkap bantuan tersebut diberikan lengkap dengan mesin serta peralatan lainnya sehingga nelayan tinggal pakai setelah diberi bimbingan teknis.

“Tiga bantuan kapal tangkap tersebut kami terima bersama dua kabupaten lain yang juga terdampak gempa bumi tahun 2018, yakni Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur,” katanya.

Untuk pengawasan pemanfaatan bantuan dilakukan melalui tenaga penyuluh dan pembina yang memberikan rekomendasi untuk pemberian bantuan.

“Tenaga penyuluh dan tenaga pembina inilah yang tahu persis kondisi di lapangan sebab merekalah yang memverifikasi dan merekomendasikan calon penerima,” katanya.

Diharapkan, dengan bantuan tiga kapal tangkap ikan tersebut dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan sekaligus meningkatkan kesejahteraan nelayan. (Ant)