Polda NTB Gelar Pendampingan Psikologi di Pelabuhan Lembar

Mataram (Inside Lombok) – Biro SDM Polda NTB turut berperan aktif dalam melakukan pendampingan psikologi kepada masyarakat dan personel yang bertugas dalam gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

Personel gabungan yang bertugas tersebut di antaranya yaikn Polri, TNI, petugas ASDP, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Dinas Kesehatan.

“Salah satu faktor yang paling penting dalam membentuk kekebalan tubuh terhadap ancaman virus corona ini ialah kestabilan kondisi psikologi,” ujar Paur Subbag Psipers Bag Psikologi Biro SDM Polda NTB, Ipda Rachmat Ratri A, S.Psi, Rabu (03/06/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal (03/06/2020) pukul 10.00 sampai 12.00 WITA di Posko Gugus Tugas Pencegahan Covid 19 di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Pendampingan psikologis ini turut dipimpin oleh Karo SDM Polda NTB Kombes Pol Satria Yusada, SIK dan dilaksanakan oleh Tim dari Bag Psikologi Biro SDM Polda NTB.

“Bentuk kegiatan adalah pendampingan psikologi dan pelaksanaan relaksasi untuk menghilangkan stress dan kecemasan bagi personel gugus tugas,” jelasnya.

Pendampingan psikologis kepada petugas gabungan ini dilakukan dengan memberikan Psychology First Aids (PFA) dan relaksasi untuk mengurangi kecemasan dan ketegangan

Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan efek positif bagi para personel yang bertugas guna meningkatkan kestabilan psikologis. Selain itu, kegiatan ini juga dapat berdampak pada imunitas tubuh yang semakin baik.

“Karena mereka kerja 24 jam, tentunya jenuh dan stress,” pungkas Rachmat.