Pemprov NTB Matangkan Persiapan Sambut Tiga Event Skala Internasional

Asisten II Setda NTB H Ridwan Syah saat memberikan keterangan kepada wartawan, Jumat (18/6/2021). (Inside Lombok/Ade).

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) siap menyambut sejumlah event berskala internasional yang akan diselenggarakan pada tahun ini. Di antaranya yakni Hutama Karya Endurance Challenge, Word Superbike, dan L’etape Indonesia Tour de France.

Yang terdekat yakni Hutama Karya Endurance Challenge, akan digelar pada bulan Agustus mendatang. Oleh karena itu, Pemprov NTB terus mematangkan persiapan untuk memastikan event tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Mulai dari tempat kegiatan hingga kebutuhan pendukung lainnya sedang kami persiapkan bersama dengan panitia pelaksana. Dari pihak panitia pelaksana sendiri mengaku sudah siap. Hanya saja mereka sedang merincikan dukungan apa saja yang diperlukan misalnya terkait dengan dukungan kesehatan,” kata Asisten II Setda NTB H Ridwan Syah, Jumat (18/6/2021).

Ia mengatakan, saat ini Pemprov NTB sedang melakukan program sertifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environmental (CHSE) dan vaksinasi di spot-spot wisata yang akan dilalui peserta. Selain itu, untuk memberikan keamanan dan kenyamanan peserta di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, semua peserta yang terlibat akan dilakukan tes PCR. Sementara untuk pengunjung akan diwajibkan untuk melakukan rapid tes.

“Semua peserta akan PCR, tetapi untuk semua pengunjung dan semua peserta ketika memasuki hotel atau arena wajib menggunakan rapid antigen,” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan momentum untuk kembali mendongkrak sektor pariwisata NTB sekaligus mempromosikan produk-produk UMKM asli NTB. Ia pun berharap kegiatan ini tidak hanya memberi manfaat bagi penguatan destinasi wisata saja, melainkan dapat menyentuh para pelaku industri kreatif NTB.

“Dengan demikian industri NTB juga mampu bersaing di kancah dunia,” paparnya.

Perlu diketahui, event Hutama Karya Endurance Challenge akan di selenggarakan pada 8 Agustus 2021. Adapun rute yang dilalui peserta sejauh 123 kilometer yang dimulai dengan berenang dari Gili Air menuju pantai Sire, Lombok Utara sejauh dua kilometer. Kemudian bersepeda dari pantai Sire menuju Novotel, Lombok Tengah sejauh 100 kilometer.

“Setelah itu, peserta akan berlari sejauh 21 kilometer di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika,” jelasnya.

Sementara untuk Word Superbike akan digelar pada 12 sampai 14 November 2021 di KEK Mandalika. Sedangkan L’etape Indonesia Tour de France akan digelar September 2021. Rute yang akan dilalui sejauh 135 kilometer, dimulai dari Mandalika dan melintasi sejumlah spot wisata di Lombok.