Berikut Resep Kue Klepon “Kecerit” yang Lagi Viral

1029

Mataram (Inside Lombok) – Belakangan ini kue klepon menjadi perbincangan hangat di media sosial. Hal tersebut bermula pada satu unggahan promosi yang menyatakan bahwa kue klepon tidak islami.

Klepon ini di Lombok biasa disebut Klepon Kecerit. Disebut kecerit karena gula merah yang ada di dalam kue klepon ini lumer di dalam mulut.

Pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri bahkan turut membuka suara mengenai unggahan tersebut dan mengatakan bahwa kue klepon terbuat dari bahan yang halal.

Kue klepon sendiri merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal, berbentuk bulat, berisikan gula merah cair dan lebih nikmat bila luarnya diselimuti parutan kelapa.

Cita rasanya yang manis tersebut, tentunya sangat cocok untuk dijadikan camilan keluarga. Cara pembuatannya juga cukup praktis dan terbilang mudah.

Berikut resep kue klepon yang dilansir dari https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-kue-klepon-pandan-isi-gula-merah-yang-enak-praktis.

Bahan
– 450 gram tepung ketan putih
– 50 gram tepung beras
– 1/2 sendok teh garam halus
– Gula merah secukupnya yang sudah dihaluskan
– Air putih secukupnya
– 1 lembar daun pandan
– Pasta pandan secukupnya
– Parutan kelapa secukupnya

Cara pembuatan
1. Siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan terlebih dahulu. Setelah wadah siap, masukan tepung ketan dan tepung beras lalu aduk sampai merata.

2. Ambil pasta pandan yang sudah disiapkan, kemudian masukan ke dalam campuran tepung ketan dan tepung beras. Aduk campuran hingga merata.

3. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni sampai kalis dan mudah dibentuk.

4. Ambil sedikit bagian adonan, lalu bentuk sampai bulat. Setelah itu, pipihkan adonan.

5. Beri adonan dengan gula merah secukupnya saja. Selanjutnya bungkus gula merah tersebut. Kemudian bentuk hingga bulat. Lakukan langkah yang sama sampai semua adonan habis.

6. Siapkan panci yang akan digunakan untuk merebus klepon. Jika sudah siap, masukan air ke panci secukupnya.

7. Nyalakan kompor dengan api sedang. Letakkan panci yang sudah diberi air tersebut di atas kompor. Biarkan air sampai mendidih.

8. Setelah air mendidih, masukan adonan yang sudah dibentuk tadi. Lalu rebus adonan sampai mengapung di atas air. Rebus hingga semua adonan matang sempurna.

9. Jika sudah matang, adonan bisa langsung diangkat dan ditiriskan.

10. Campurkan parutan kelapa yang sudah disiapkan dengan garam secukupnya.

11. Siapkan alat pengukus, lalu kukus kelapa parut tersebut sekitar kurang lebih 5 menit. Angkat kelapa dan letakkan di atas piring.

12. Gulingkan klepon di atas kelapa yang sudah dikukus tersebut sampai tertutupi semuanya. Setelah itu, hidangkan dan sajikan pada piring saji yang tersedia.