Dikes Lotim Sebut Efek Samping Vaksin Moderna Tidak Berbahaya

Ilustrasi vaksin Moderna. (Inside Lombok /IDN Times).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga bagi para tenaga kesehatan di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) sudah mulai dilakukan. Namun pada vaksinasi ini, para nakes diberikan vaksin moderna.

Dinas Kesehatan Lombok Timur mendapat infomasi bahwa banyak nakes merasakan efek samping. Mereka merasakan sakit kepala dan meriang. Meski ada efek samping, namun itu hanya sebentar dan tidak berbahaya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Lotim, H Pathurrahman mengakui bahwa hal tersebut merupakan efek dari vaksin moderna. Namun ia mengakui bahwa itu hanya reaksi tubuh saja setelah menerima vaksin.

“Memang ada reaksi tubuh seperti itu, tapi InsyaAllah itu tidak apa-apa (tidak berbahaya, red),” ucap H Pathurrahman saat dihubungi Inside Lombok, Senin (06/09/2021).

Sementara itu, Direktur RSUD dr R Soedjono Selong, dr Tantowi Jauhary juga mengaku bahwa setelah menerima vaksin moderna ia merasakan sakit kepala. Tidak hanya dirinya, hampir semua nakes di rumah sakit juga merasakan kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) seperti terpapar sakit.

“Makanya kita lakukan vaksinasi nakes secara bertahap, takutnya jika semua divaksin nanti semuanya KIPI, bisa-bisa pelayanan di rumah sakit jadi lumpuh,” jelasnya.

Efek dari vaksin moderna itu sendiri akan bereaksi 1×24 setelah penyuntikan.