Gubernur NTB Terima Penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkiefkimansyah saat menerima  penghargaan Indonesia's Attractiveness Award 2019 yang diinisiasi oleh Tempo Media Group bekerja sama dengan Frontier Consulting Group, Selasa malam (23/7) di Jakarta. (Inside Lombok/ANTARA/Nur Imansyah). 

Mataram (Inside Lombok) – Gubernur Nusa Tenggara Barat H Zulkieflimansyah menerima penganugerahan Indonesia’s Attractiveness Award 2019 yang dimenangkan Pemerintah Provinsi NTB sebagai daerah dengan daya tarik di bidang investasi, infrastruktur, layanan publik dan pariwisata.

Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda NTB Najamuddin Amy di Mataram, Rabu, mengatakan Provinsi NTB telah ditetapkan sebagai pemenang kategori emas untuk provinsi sedang dalam pelayanan publik.

Indonesia’s Attractiveness Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Tempo Media Group bekerja sama dengan Frontier Consulting Group. Pemenang penghargaan ditentukan setelah melalui riset dengan melibatkan investor dan publik.

Proses penentuan pemenang dilakukan secara bertahap. Mulai dari penyaringan dan pengolahan data, melakukan survei serta verifikasi data, hingga tahap penjurian dari tanggal 24 hingga 28 Juni 2019.

Dalam proses ini, NTB akhirnya terpilih dari 56 nominator kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Provinsi NTB telah melakukan serangkaian terobosan yang menggembirakan khususnya di bidang investasi, infrastruktur, layanan publik dan pariwisata.

Sementara itu, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengutarakan bagaimana NTB terus berbenah di banyak lini. Salah satunya, di sektor pelayanan publik. Perbaikan pelayanan publik dilakukan dengan membuka akses publik untuk mengadukan berbagai persoalan yang dihadapinya.

Untuk memudahkan proses ini, warga dapat menggunakan aplikasi NTB Care. Aplikasi ini memungkinkan warga mengadukan persoalannya dan langsung dapat ditanggapi ataupun ditindaklanjuti oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

“Dengan NTB Care, kita memastikan masyarakat merasakan kehadiran pemimpin dan aparatur negara di dalam masyarakat. Mereka bisa menyampaikan apa yang dikeluhkan, ini harus didengar dan segera direspons,” jelasnya.

Gubernur NTB H Zulkiefkimansyah hadir langsung menerima penghargaan yang diinisiasi oleh Tempo Media Group bekerja sama dengan Frountir Consulting Group ini pada Selasa malam (23/7) di Jakarta.

Gubernur menyatakan rasa syukurnya dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mengantarkan NTB meraih penghargaan di ajang Indonesia’s Attractiveness Award 2019 itu.

Ke depan ia berjanji akan lebih meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan menghadirkan birokrasi pemerintahan yang bersih dan melayani. Bagi orang nomor satu di NTB ini, tidak cukup hanya meraih penghargaan kemudian mempertahankannya saja.

Namun yang terpenting baginya adalah hadirnya pemerintahan khususnya Pemprov NTB yang mampu memenuhi harapan masyarakat dan mencapai misi yang diembannya, yakni menjadi daerah yang bersih dan melayani.

“Mari bersama-sama wujudkan NTB yang bersih dan melayani, dan terus tingkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” tegas Bang Zul sapaan akrabnya.

Gubernur NTB juga tak lupa mempromosikan aplikasi NTB Care sebagai sarana pengaduan masyarakat dan berharap dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memberikan saran, masukan, ataupun keluhan dengan tujuan memperbaiki secara terus menerus pelayanan publik di NTB.

“Insya Allah kalau aplikasi ‘balance score card’ (BSC ) sudah berjalan sesuai rencana, maka akan lebih banyak lagi penghargaan untuk NTB di masa yang akan datang,” katanya. (Ant)