Idul Adha di Tengah PPKM, Forta Lobar Berbagi Ratusan Paket Daging Kurban

Forta Lobar berbagi hewan kurban untuk yatim dan dhuafa. Rabu (21/07/2021). (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Di masa serba sulit di kala pandemi dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang tengah berjalan berbarengan dengan momentum Idul Adha kali ini. Forum Wartawan Lombok Barat (Forta Lobar) berbagi ratusan paket daging kurban untuk yatim dan dhuafa.

Sumbangan untuk pembelian hewan kurban maupun donasi hewan kurban itu sendiri datang dari berbagai kalangan. Yang tergerak hatinya untuk menebar kebaikan di tengah banyak keterhimpitan masyarakat saat ini.

Ketua DPW LDII NTB, Abdullah A Karim, pun bersyukur tahun ini LDII dapat berbagi hewan kurban bersama Forta Lobar untuk disalurkan kepada masyarakat Lombok Barat. Untuk Lobar sendiri, LDII memberikan satu ekor sapi. Dengan jumlah hewan kurban yang terkumpul untuk seluruh wilayah NTB pada Hari Raya Idul Adha tahun ini berjumlah 142 ekor sapi. Kemudian kambing mencapai 41 ekor.

“Alhamdulillah tahun ini bisa berbagi satu ekor sapi untuk masyarakat Lombok Barat bersama rekan-rekan media” kata Abdullah A Karim, Rabu (21/07/2021).

Dari Panti Asuhan Adam Mula Jati, Gerung, saat berbagi kepada anak yatim di sana. ketua Forta Lobar, M. Heruzzubaidi, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah berdonasi. Dan mempercayakan kepada Forta Lobar untuk membantu menyalurkan amanah tersebut. Sehingga pembagian hewan kurban ini dapat menyasar kelompok-kelompok yang mungkin luput dari perhatian. Dan terdampak pandemi covid-19 yang kian mengganas saat ini.

“Kami dari Forta Lobar berkesempatan untuk berbagi kurban dari hasil donasi-donasi yang kami himpun. Untuk kami salurkan kepada masyarakat, terutama yatim dan dhuafa” tuturnya.

Penyaluran daging kurban itu pun dibagi per wilayah. Dari donasi yang berhasil dihimpun baik dari para donatur mau pun para anggota Forta. Dapat terkumpul empat ternak, dua sapi dan dua kambing. Dengan paket yang berhasil dibagikan pada hari ini berjumlah sekitar 300 paket.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini, dapat membantu masyarakat yang terdampak oleh pandemi, termasuk kebijakan PPKM ini. Semoga bisa ini membantu” harap dia.

Sementara itu Kades Badrain, Romi Purwandi, yang telah mendukung kegiatan ini dengan mneyediakan lokasi untuk penyembelihan. Mengaku turut bersyukur karena dengan penyaluran hewan kurban itu, masyarakat bisa sedikit terbantu.

“Masyarakat merasa terbantu, ditengah-tengah pemberlakuan PPKM ini, menyebabkan keterbatasan mobilitas masyarakat. Dengan adanya pembagian daging kurban, jadi yang kurang mampu bisa terbantu untuk bisa menikmati daging kurban seperti yang lainnya” tutup dia.

Penyembelihan hewan kurban yang dilangsungkan di desa Badrain, kecamatan Narmada itu pun dapat berjalan lancar. Berkat donasi yang terkumpul mulai dari Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), kemudian Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid bersama dengan Sekda Lobar, H. Baehaqi, lalu  ketua DPRD Lobar, Hj. Nurhidayah. Serta donasi dari PLTU Jeranjang, PT. Air Minum Giri Menang (AMGM), PT. Maulana Raya Lombok, SPPBE PT. Om Agus Lembar dan Kapolsek Pelabuhan Lembar, Iptu Irvan Surahman, serta PT. Putra Pribumi Perdana dan para donatur perorangan lainnya.