Mahasiswa KKN Universitas Islam Al-Azhar Mataram Bagikan Masker dan Sikat Gigi untuk Warga Mekarsari

Mahasiswa KKN Universitas Islam Al-Azhar Mataram Bagikan Masker dan Sikat Gigi Gratis untuk Warga Mekarsari, Narmada, Minggu (30/08/2020). (Inside Lombok/Istimewa)

Mataram (Inside Lombok) – Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) Mataram melakukan pembagian masker dan sikat gigi gratis sebagai salah satu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2019/2020 yang diberikan oleh pihak kampus.

Masker dan sikat gigi gratis tersebut diberikan kepada warga Dusun Nyangget dan Dusun Pemangket, Desa Mekarsari, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, pada hari Minggu (30/08/2020). Masing-masing sekitar 400 buah masker dan sikat gigi gratis yang telah dibagikan ke warga.

“Selain melaksanakan program kampus, kami juga mengikuti anjuran dari WHO dan pemerintah yang bertujuan untuk membiasakan masyarakat dalam menjaga diri, menjaga keluarga dan menjaga orang lain. Seperti dengan pengadaan tempat cuci tangan di wilayah binaan mahasiswa KKN,” jelas Dosen Pembimbing KKN Unizar Mataram, Ahmad Rifai, S.H,M.H, Selasa (01/09/2020).

Selaku dosen pembimbing, Ahmad Rifai bersama 28 mahasiswa dalam satu kelompok menghampiri warga Dusun Pemangket dan Dusun Nyangget satu per satu untuk membagikan masker dan sikat gigi gratis.

“Pembagian masker dan sikat gigi untuk anak-anak ini bisa sangat membantu agar terjaganya kesehatan. Baik untuk lansia, dewasa, maupun anak-anak,” ujar Ketua Kelompok VI KKN Unizar Mataram, Firdaus Firmansyah, Selasa (01/09/2020).

Selain itu, tujuan utama pembagian masker ini adalah agar masyarakat bisa kembali peduli tentang pentingnya pemakaian masker. Hal tersebut lantaran beberapa masyarakat sudah terlihat mulai enggan mengenakan masker dengan berbagai macam alasan.

Sementara itu, KKN Unizar Mataram tersebut hanya berlangsung selama dua minggu yakni mulai dari 22 Agustus lalu hingga 5 September mendatang. Periode KKN diperpendek karena pandemi Covid-19.

“Pembagian masker bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan virus corona yang merebak di seluruh dunia saat ini,” tambahnya.

Adanya aksi pembagian masker dan sikat gigi gratis ini menuai respon positif di kalangan masyarakat setempat. Masyarakat terlihat sangat antusias saat pembagian masker dan sikat gigi gratis ini.