Pokdarwis Sembalun Harap Tindak Lanjut Wacana Wisata Berkuda

151
(Sumber foto:@tengakarta)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Wisata berkuda di Sembalun diusulkan Bangkesbangpol Lotim kepada Dinas Pariwisata. Harapannya, wacana ini dapat terealisasi dengan baik.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sembalun, Royal Sembahulun mengatakan adanya wacana wisata berkuda di kawasan Sembalun dianggapnya sangat bagus sekali. Namun, hal tersebut masih wacana semata tanpa ada keterangan tindak lanjut yang lebih jelas.

“Itu bagus banget, cuma yang tidak menariknya hanya sekadar wacana dan entah kapan akan diimplementasikan,” ujarnya, di Selong, Jumat (17/07/2020).

Beberapa waktu lalu, Bupati Lotim juga sempat menyampaikan hal sama senada dnegan Kepala Bangkesbangpol Lotim terkait dengan wacana wisata berkuda. Hal tersebut disampaikan Bupati pada kegiatan simulasi penetapan protokol kesehatan di pintu masuk pendakian Rinjani Sembalun.

Ia menegaskan bahwa sebagai pelaku wisata hanya menunggu kapan wacana tersebut akan diimplementasikan. Ia menginginkan adanya program yang dibentuk dalam wacana wisata berkuda tersebut.

“Programkan secepatnya biar tidak hanya menjadi sebatas wacana,” pintanya.

Lanjutnya, ia menunggu komitmen dari pemerintah dalam penganggaran agar dapat mengeksekusi program-program yang sudah ada. Salah satu program yang sudah ada dan jelas tersebut yaitu, infrastruktur jalan.

Dikatakannya, infrastruktur tersebut jauh lebih penting untuk dibenahi terlebih dahulu untuk menciptakan rasa aman bagi para pengunjung saat berkendara. Juga dengan infrastruktur yang baik, dapat memacu tumbuhnya obyek-obyek wisata baru.

“Dengan begitu, wisata Sembalun memiliki daya pikat wisatawan yang banyak,” tutupnya.

Dalam hal ini, pemerintah harus fokus menuntaskan rencana yang sedang berjalan di Sembalun. Kawasan strategis pariwisata nasional di Sembalun yang direncanakan membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah, supaya program yang dananya bersumber dari pusat tersebut berhasil.

“Jika program tersebut berhasil, maka akan lebih mudah mengeksekusi rencana-rencana yang diwacanakan,”ucapnya.