Mataram (Inside Lombok) – Seiring dengan membaiknya situasi setelah dua tahun diterjang pandemi Covid-19. PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), termasuk yang ada di wilayah pulau Lombok optimis penjualan tahun ini akan mengalami peningkatan.
Terlebih dengan telah diluncurkannya truk Hino Euro4 dengan teknologi mesin common rail yang dinilai lebih tangguh dan ramah lingkungan. Ini akan dapat mendukung berbagai proyek pembangunan bertaraf internasional, apalagi banyak event kelas dunia yang akan diselenggarakan di Lombok.
“Kita mulai merasakan ya, setelah MotoGP, penjualan kita sudah mulai meningkat, kebutuhan unit membaik. Dengan perekonomian membaik, pasti lah kebutuhan truk komersil juga membaik,” ujar Made Andika, Regional Manager PT. Indomobil Cahaya Prima, dalam launching Hino Euro4 di Lombok.
Bahkan, dia mengaku bahwa target penjualan di NTB terutama pulau Lombok lebih tinggi daripada target penjualan Hino secara nasional.
“Kita malah lebih tinggi targetnya daripada nasional loh, untuk kategori dua. Kalau secara nasional kan sekitar 22 persen, tapi kita di sini (NTB) malah merencanakan target penjualan bisa mencapai 25 persen,” bebernya.
Begitu pun dengan target penjualan bus, karena dilihatnya saat ini kebutuhan bus terutama untuk pariwisata semakin meningkat. Dengan begitu pihaknya merasa optimis. Karena selama pandemi dua tahun terakhir, usaha bus dinilai mati suri.
“Permintaan bus sekarang sudah mulai ada sekarang,” ungkapnya.
Hal senada juga diungkapkan oleh Santiko Wardoyo, COO Director HMSI, bahwa semakin membaiknya kondisi setelah hantaman pandemi ini, penjualan mereka diharapkan bisa semakin meningkat.
“Di 2020 itu kita jualan sekitar 12 ribu, dalam satu bulan itu 1000, sekarang penjualan kita targetkan bisa 30 ribu. Karena saat Covid, walaupun sedang PPKM tapi kan distribusi makanan dan minuman itu tetap berjalan,” ujar Santiko.
Ia mengaku, bahwa kondisi pandemi memang cukup berat. Namun, pihaknya mengaku tetap optimis. Terlebih, mereka mengklaim dapat memberikan layanan servis dari semua dealer Hino. Sehingga bisa memberi kemudahan bagi para konsumen.
“Kami juga akan terus memberikan free servis program selama dua tahun atau 40.000 KM selama ini. Jadi itu juga menjadi apresiasi dari konsumen,” ujarnya.
Tidak hanya itu, dirinya juga menyebut HMSI akan selalu menjamin ketersediaan pasokan suku cadang dan emergency weekend support. Guna bisa mendukung bisnis konsumen mereka agar tetap bisa berjalan lancar. (yud)