29.5 C
Mataram
Jumat, 25 Oktober 2024
BerandaLombok BaratAntisipasi Arus Mudik Libur Lebaran, 20 Kapal Penyeberangan Disiapkan di Lembar

Antisipasi Arus Mudik Libur Lebaran, 20 Kapal Penyeberangan Disiapkan di Lembar

Mataram (Inside Lombok) – Jelang libur lebaran Idulfitri 1444 Hijriah arus mudik masyarakat yang keluar dan masuk ke NTB diperkirakan meningkat. Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) cabang Lembar pun menyiapkan 20 armada kapal untuk mengakut penumpang mudik lebaran, khususnya di Selat Lombok.

Ketua Gapasdap Cabang Lembar, Denny F Anggoro mengatakan saat ini lintasan penyeberangan Lembar–Padangbai berjalan lancar. Sementara armada yang tersedia ada 19 kapal untuk mudik lebaran.

Sampai H-9 Idulfitri untuk kedatangan orang maupun barang belum ada peningkatan. Namun memasuki H-7 lebaran kesedian armada kapal bisa berubah-ubah, seiring dengan beberapa kapal selesai docking (servis kapal).

“Mungkin nanti bisa masuk langsung melengkapi yang ada. Kemungkinan H-7 dan seterusnya ada penambahan satu kapal. Jadi akan dilayani 20 kapal di lebaran,” ujar Denny, Rabu (12/4).

- Advertisement -

Mudik lebaran Idulfitri tahun ini untuk pertama kalinya tidak menggunakan syarat seperti tes PCR dan sebagainya. Lain halnya dengan tahun-tahun sebelumnya pasca pandemi Covid-19, yang membatasi kedatangan dan keberangkatan orang mudik, baik yang menggunakan kapal, pesawat, bus maupun kendaraan pribadi.

Sekarang dengan tidak adanya aturan pembatasan untuk mudik, maka arus mudik kemungkinan meningkat dari tahun sebelumnya. “Jadi kami tetap optimis dan berharap dengan dibukanya arus orang dan barang ini secara bebas, mudah-mudahan terjadi adanya ledakan (penumpang atau barang),” imbuhnya.

Walaupun kenaikannya kecil, karena rute dari Lombok ke Jawa saat ini mendominasi penyeberangan di Pelabuhan Lembar. Bahkan saat ini di Pelabuhan Lembar arus penumpang mudik dari Lombok ke Jawa sudah mulai berlangsung.

“Betul sudah mulai berlangsung (arus mudik) Lembar–Surabaya ataupun Lembar–Ketapang. Kalau kapal jalur Selat Lombok kembali harus pasrah dengan keadaan Lombok–Bali, Bali–Lombok. Sementara belum sama sekali kita rasakan,” ucapnya.

Sementara untuk kelayakan armada kapal penyeberangan sudah dilakukan pengecekan untuk semua kapal. Dan siap berlayar untuk masyarakat yang mudik lebaran Idulfitri tahun ini. Selain kesiapan kapal, kesiapan untuk SDM juga telah disiapkan.

“Tentu ada kesiapan SDM kita, dari kapal dipastikan semua siap dan berfungsi. Kemudian SDM itu secara jumlah maupun kapasitas sudah kita siapkan. Baik yang kapal maupun di darat,” pungkasnya. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer