32.5 C
Mataram
Jumat, 25 Oktober 2024
BerandaLombok TimurJelang Mudik Lebaran, Pelabuhan Kayangan Operasionalkan 27 Kapal

Jelang Mudik Lebaran, Pelabuhan Kayangan Operasionalkan 27 Kapal

Lombok Timur (Inside Lombok) – Lonjakan pemudik jelang lebaran membuat pihak ASDP Kayangan ambil ancang-ancang. Antara lain dengan menyiapkan 27 kapal yang akan beroperasi selama momen mudik lebaran.

Manager Usaha ASDP Kayangan, Eka Rosi mengatakan momen mudik lebaran 1444 Hijriah, pihaknya menyiapkan 27 kapal yang siap operasi untuk memenuhi kebutuhan angkutan pemudik. Selain itu 2 unit dermaga MB di Pelabuhan Kayangan dan 2 unit dermaga MB di Pelabuhan Poto Tano yang juga siap beroperasi.

“Momen mudik ini kita tambah jumlah kapal yang beroperasi,” ucapnya, Rabu (12/04/2023).

Pola operasi kapal sendiri dibagi menjadi tiga jenis, mulai dari hari normal jumlah kapal yang beroperasi yakni 10 unit per hari dengan port time 35 menit, sedangkan hari padat jumlah kapal yang beroperasi ditambah menjadi 12 dengan port time 30 menit, dan pada hari sangat padat yakni 12 kapal dengan port time penuh.

- Advertisement -

“Setiap hari pada hari biasa ada 10 kapal yang beroperasi, namun saat kondisi padat seperti momen mudik jumlah kapal kita tambah,” ungkapnya.

Eka sendiri memperkirakan arus mudik pada momen Idulfitri tahun ini akan lebih padat ketimbang tahun lalu, di mana kenaikannya diperkirakan mencapai 14 persen. “Kita perkirakan akan ada kenaikan 14 pers dari tahun lalu,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer