26.5 C
Mataram
Rabu, 23 Oktober 2024
BerandaAdvetorialUnizar Gelar Graha Orientasi, Bangun Generasi Berkarakter, Toleran, dan Profesional

Unizar Gelar Graha Orientasi, Bangun Generasi Berkarakter, Toleran, dan Profesional

Mataram (Inside Lombok) – Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) sukses menggelar acara Graha Orientasi Universitas (GOU) 2023, 11-12 September 2023. Acara ini menjadi langkah penting dalam pengenalan kampus bagi mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024.

Berlangsung di Gedung Teater Ahmad Firdaus Sukmono, GOU 2023 merupakan peristiwa yang penuh makna dan berkesan. Ketua Panitia GOU 2023, Restusari Evayanti dalam sambutannya menjelaskan GOU tahun ini mengambil tema ‘Membangun Mahasiswa Berkarakter, Toleran, dan Profesional yang Berwawasan Pariwisata di Era Digitalisasi Menuju Unizar Unggul’. “Ada 543 mahasiswa baru Unizar dari 7 fakultas ikut serta dalam acara GOU ini,” ujar Wakil Dekan II Fakultas Teknik Unizar ini.

Rektor Unizar, Muh. Ansyar yang secara simbolis membuka acara GOU 2023 menilai kegiatan itu dihajatkan mengasah aspek humanis, toleransi, dan pembentukan karakter melalui kerja sama tim dan kemampuan berbicara di depan umum. Selama acara berlangsung, mahasiswa mendapatkan materi tentang sistem pendidikan tinggi di Indonesia dan gambaran umum tentang Unizar dari Rektor Unizar.

Foto bersama pejabat struktural Unizar, panitia GOU 2023, dan seluruh mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024, Selasa (12/09). (Inside Lombok/Ist)

Di kesempatan yang sama Wakil Rektor I Unizar, Sri Karyati memberikan informasi tentang platform Siakad Akademik, sementara Wakil Rektor II Unizar, Siti Ruqayyah menjelaskan tentang keuangan dan sistem pembayaran. Materi K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) serta pengenalan fasilitas kampus disampaikan oleh Kabiro Umum Unizar, Ashabul Kahfi. Selain itu, Ketua Dewan Etik Unizar, Fauzy Ma’ruf memberikan materi tentang Kode Etik Mahasiswa.

- Advertisement -

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Maladi yang turut menyampaikan materi membahas wawasan kepariwisataan bagi mahasiswa baru. Ia menjelaskan bahwa NTB merupakan Serambi Madinah karena memiliki begitu banyak masjid. Belum lagi potensi objek wisata alam dan buatan yang bisa mengundang banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Selain itu, beliau pun menceritakan kesuksesan NTB menjadi tuan rumah dalam event internasional, seperti WSBK dan MotoGP, yang menarik puluhan ribu penonton dari berbagai negara.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini tidak hanya memberikan pengetahuan kepada mahasiswa baru, tetapi juga meninggalkan kesan mendalam tentang Unizar yang mengutamakan nilai-nilai Islam Rahmatan Lil ‘Alamin. GOU 2023 tidak hanya sekadar pengenalan kampus, tetapi juga pembentukan karakter dan pemberian wawasan pariwisata kepada mahasiswa baru. (r)

- Advertisement -

Berita Populer