32.5 C
Mataram
Minggu, 29 September 2024
BerandaAdvetorialSiapkan SDM Ahli Bidang Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Mataram Gelar Wisuda Tahap Kedua

Siapkan SDM Ahli Bidang Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Mataram Gelar Wisuda Tahap Kedua

Mataram (Inside Lombok) – Setiap tahun Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mataram menggelar dua kali wisuda. Pada tahap kedua ini, sebanyak 277 mahasiswa di Poltekkes Kemenkes Mataram di wisuda, Kamis (7/12) pagi.

Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram, Dr. dr. Yopi Harwinanda Ardesa, M.Kes mengatakan Poltekkes Mataram memiliki 12 Program studi dimana setiap tahunnya meluluskan hampir 900 tenaga Kesehatan. Pada tahun 2023 ini, wisuda tahap 1 poltekkes Mataram telah me-wisuda sebanyak 591 wisudawan dan tahap 2 ini mewisuda sebanyak 277 wisudawan sehingga total tahun 2023 kita telah mencetak sebanyak 868 tenaga Kesehatan.

“Hasil tracer study lulusan Poltekkes Mataram Tahun 2022 menunjukkan bahwa sebesar 45% lulusan terserap di layanan fasyankes pemerintah di NTB, baik di RSU, Puskesmas maupun Labkesda di seluruh NTB,” katanya, Kamis (7/12) saat memberikan sambutan pada acara wisuda.

Dalam rangka meningkatkan jenjang pendidikan profesi bidan, Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram telah mendapatkan akreditasi Baik Sekali dari Lembaga akreditasi LAM PTKes. Selain siap mendidik pendidikan profesi bidan dari lulusan sekolah menengah juga mampu memberikan pembelajaran recognisi bagi teman sejawat bidan yang akan menempuh Pendidikan profesi bidan.

- Advertisement -

“Jurusan Keperawatan Poltekkes Mataram juga telah siap menyelenggarakan kelas internasional untuk Pendidikan Profesi Ners,” katanya.

Poltekkes Mataram telah menjadi pilot project pendayagunaan lulusan ke Luar Negeri khususnya ke Negara Jepang. Kepercayaan ini tentunya menjadi langkah awal yang mendukung untuk bisa mendidik serta menghasilkan lulusan untuk dapat didayagunakan sebagai perawat ke Luar Negeri.

“Ini sejalan dengan upaya pemenuhan mandat Menteri Kesehatan yang diberikan kepada Poltekkes agar meningkatkan kualitas lulusan kita, yang ditandai dengan semakin terbukanya peluang lulusan kita bekerja di Luar Negeri pada tahun 2024 nanti. Saat ini Poltekkes Mataram memiliki 19 lulusan yang bekerja di Luar negeri,” ungkapnya.

Untuk diketahui, program pendidikan Poltekkes Kemenkes Mataram meliputi 4 Jurusan yaitu Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Gizi dan Teknologi Laboratorium Medis. Dari ratusan di wisuda terdiri dari 58 orang Diploma III, 136 orang Sarjana Terapan dan 83 orang Program Profesi. (azm)

- Advertisement -


Berita Populer