27.5 C
Mataram
Senin, 30 September 2024
BerandaMataramLibur Panjang Tahun Baru Diwarnai Cuaca Ekstrem, Masyarakat Kota Mataram Diminta Lebih...

Libur Panjang Tahun Baru Diwarnai Cuaca Ekstrem, Masyarakat Kota Mataram Diminta Lebih Hati-hati Berwisata

Mataram (Inside Lombok) – Kunjungan ke destinasi wisata pantai di pesisir Kota Mataram diprediksi meningkat sepanjang libur Tahun Baru 2024 ini. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram bersama tim akan membangun posko pengamanan, guna mempermudah pengawasan dan penanganan jika ada kejadian di lapangan.

Kepala BPBD Kota Mataram, Mahfuddin Noor mengatakan pembuatan posko akan dipusatkan di dua tempat, yaitu Pantai Loang Baloq dan Pantai Gading. Namun pembuatan posko ini juga nantinya akan diperluas ke Pantai Ampenan. “Di masing-masing Kantor Camat juga sudah ada posko siaga bencana dan termasuk posko penanggulangan bencana di Kantor Walikota,” katanya, Jumat (29/12) pagi.

Ia mengatakan, selain posko yang sudah ada, tim BPBD Kota Mataram juga akan melakukan patroli. Karena satgas yang sudah ada terdiri dari OPD terkait lainnya seperti Dinas PUPR, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Satpol PP dan lainnya.

“Nanti juga Linmas yang ada di kecamatan. SDM kita untuk aktivasi posko ini cukup banyak,” ujarnya. Selain patroli keliling wilayah di Kota Mataram, petugas juga nantinya dari BPBD dan Basarnas akan menyusuri kawasan pantai.

- Advertisement -

Patroli ini untuk memantau aktivitas masyarakat selama berlibur di destinasi wisata pantai yang ada di Mataram. “Nanti kita bersama tim dari Basarnas juga patroli kawasan pantai. Nanti juga sama Polair,” katanya.

Patroli ini biasanya dilakukan ketika aktivitas masyarakat sudah mulai terpusat di destinasi wisata pantai. “Bila eskalasi yang sudah mulai mengkhawatirkan atau kita melihat di hari libur pantai ramai kita juga melakukan pemantauan,” tegasnya.

Kegiatan patroli baik darat dan laut yang dilakukan petugas juga untuk mengimbau agar lebih hati-hati. Apalagi saat ini curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mulai mengguyur Kota Mataram beberapa hari terakhir. “Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati,” katanya. (azm)

- Advertisement -


Berita Populer