24.5 C
Mataram
Jumat, 20 September 2024
BerandaPariwisataInfrastruktur Dinilai Sudah Mantap, 133 Ribu Wisatawan Ditarget Berkunjung ke Loteng

Infrastruktur Dinilai Sudah Mantap, 133 Ribu Wisatawan Ditarget Berkunjung ke Loteng

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menargetkan kunjungan wisatawan pada tahun 2024 sebanyak 133 ribu orang. Target tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu 90 ribu wisatawan.

“Tahun ini kita naikan targetnya menjadi 133 ribu. Tahun ini banyaknya event nasional bahkan internasional seperti MotoGP,” ujar Plt. Kepala Dinas Pariwisata Loteng, Lendek Jayadi, Rabu (3/2/2024).

Angka kunjungan di 2023 lalu yang mencapai 90 ribu wisatawan sudah terpantau pada semester pertama, ditambah lagi pada semester kedua saat event MotoGP di Sirkuit Mandalika.

“Kunjungan wisatawan itu yang tinggal selama tiga hari di Loteng, kalau yang di bawah itu tidak termasuk. Yang kita hitung wisatawan yang menginap di selama tiga hari saja,” katanya.

- Advertisement -

Dikatakan, pada tahun ini pihaknya berharap ada lonjakan wisatawan di Loteng. Terlebih pihaknya mengklaim infrastruktur menuju objek wisata di Loteng dan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika saat ini sudah bagus. “Itu yang meyakinkan kami kunjungan wisatawan akan meningkat,” imbuh Lendek.

Selain karena infrastruktur yang makin mantap, ada event-event besar di tahun ini yang juga jumlahnya semakin banyak. Melihat dari kalender event sendiri, ada 23 atraksi budaya yang masuk dan siap digelar sesuai jadwal.

“Salah satunya seperti budaya bau nyale yang dirayakan setiap tahunnya, ada juga perang timbung di Desa Pejanggik yang juga sudah masuk kalender event,” ujarnya. Sementara untuk anggaran event sendiri di Tahun 2024 ini, pemerintah menggelontorkan anggaran sekitar Rp2 miliar. “Kalau dulu tahun 2023 anggarannya dibawah Rp1 miliar,” tandasnya. (fhr)

- Advertisement -


Berita Populer