26.5 C
Mataram
Senin, 30 September 2024
BerandaLombok TimurPendaftaran Pengawas TPS Dibuka, Bawaslu Lotim Butuhkan 4.010 Orang

Pendaftaran Pengawas TPS Dibuka, Bawaslu Lotim Butuhkan 4.010 Orang

Lombok Timur (Inside Lombok) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lombok Timur (Lotim) mulai melaksanakan rekruitmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Pendaftaran tahap pertama dibuka 2-6 Januari ini.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Lotim, Johari Marjan mengatakan rekrutmen ini mencari sebanyak 4.010 orang PTPS yang nantinya bertugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu 2024 di setiap TPS. “Rekruitmen ini dilakukan di setiap Panwascam sesuai dengan jumlah TPS di kecamatan masing-masing,” ucapnya, Kamis (04/01/2023).

Adapun tugas dari PTPS nantinya mengawal dan mengawasi tahapan pemilu, mulai dari persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, penghitungan suara, dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS.

Tak hanya itu, PTPS juga bertugas melakukan pencegahan dugaan pelanggaran pemilu, menerima laporan dugaan atau temuan pelanggaran, serta menyampaikan dugaan pelanggaran ke Panwascam.

- Advertisement -

“Tugas PTPS berlangsung selama 23 hari dan yang paling penting yakni mengawal kedatangan logistik ke TPS hingga selesai dilakukannya penghitungan suara, sesuai dengan yang telah diatur dalam Perbawaslu 3 Tahun 2022,” tegasnya.

Animo masyarakat dalam ikut andil menjadi PTPS masih cukup tinggi. Terbukti dengan jumlah pendaftar pada hari kedua dan ketiga telah mencapai 1.343 orang. Tahapan rekrutmen sendiri masih terbilang cukup panjang, di mana setelah pendaftaran akan dilanjutkan dengan perpanjangan masa penerimaan berkas pendaftaran, dan tanggal 10 akan diumumkan kelulusan administrasi. “Pengumuman dan penetapan calon PTPS terpilih berdasarkan tes wawancara,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -


Berita Populer