26.5 C
Mataram
Kamis, 24 Oktober 2024
BerandaPariwisataTingkatkan Kunjungan Wisatawan di NTB, Travel Agent Dorong Promosi Lewat Mitra

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan di NTB, Travel Agent Dorong Promosi Lewat Mitra

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Provinsi NTB di 2024 ini menargetkan 2,5 juta kunjungan wisatawan, baik wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus). Guna memenuhi target kunjungan itu, travel agent sebagai salah satu industri pariwisata gencar melakukan promosi ke berbagai wilayah di Indonesia hingga ke luar negeri.

NTB sebagai daerah pariwisata dengan berbagai destinasi wisata yang menarik, tentunya akan lebih mudah menarik kunjungan wisatawan. Terlebih, NTB mempunyai jual pada sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah, kemudian beberapa destinasi pantai, pegunungan, pulau-pulau kecil, hingga air terjun menjadi daya tarik.

“Kesiapan tahun ini tentu dengan meningkatkan promosi melalui mitra Astindo se-Indonesia dan mancanegara. Promosi strategis menjadi area utama dalam obsesi peningkatan wisatawan, sehingga Astindo terus berusaha agar kunjungan wisatawan meningkat,” ujar Ketua Asosiasi Travel Agen Indonesia (Astindo) NTB, Sahlan M Saleh, Rabu (17/1).

Para mitra Astindo ini yang akan ikut mempromosikan pariwisata NTB di dalam negeri dan luar negeri. Di mana promosi itu akan dilakukan secara berkala, dengan harapan ada wisatawan tertarik berkunjung atau berlibur di NTB.

- Advertisement -

Selain itu, ada juga event-event pendukung untuk menggaet kunjungan wisatawan. Mengingat kondisi pariwisata NTB sekarang dalam pemulihan pasca pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu. “Paket wisata kita tetap sediakan, sementara masih paket wisata di sekitar Pulau Lombok, kalau Pulau Sumbawa belum, karena belum tau kita destinasinya dan rendahnya komunikasi dengan kami,” terangnya.

Kendati, ke depan pihaknya akan mencoba membuat paket wisata untuk Pulau Sumbawa. Ada beberapa destinasi yang bisa dikunjungi di wilayah timur provinsi NTB ini, beberapa pulau-pulau kecil dan ada destinasi wisata Tambora juga. “Akan kita coba buat tawarkan, kita lihat dulu apa saja tempat wisata yang memang menjadi daya tarik wisatawan ini,” demikian.

Sebagaimana diketahui, NTB mendapat penghargaan nasional dalam ajang Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI)2024 yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI. Dimana NTB meraih sebagai terbaik 1 ABBWI 2023 tingkat kawasan Kalimantan-Nusa Tenggara dan destinasi pariwisata berkualitas terbaik 1 Se- Indonesia. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer