25.5 C
Mataram
Senin, 23 September 2024
BerandaDaerahNTBEmpat Ribuan Jemaah Haji NTB Sudah Balik ke Tanah Air

Empat Ribuan Jemaah Haji NTB Sudah Balik ke Tanah Air

Mataram (Inside Lombok) – Sebanyak 13 kloter jemaah haji embarkasi Lombok sudah sampai ke Tanah Air. Kloter 13 atau kloter campuran merupakan kloter terakhir jemaah haji embarkasi Lombok kini sudah bertemu dengan keluarganya,Selasa (8/7) pagi.

Ketua Tim Transportasi dan Akomodasi jemaah haji pada Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB, Ali Syahbana mengatakan penerimaan jemaah haji di Provinsi NTB sudah rampung. Pada kloter terakhir ini sebanyak 120 orang jemaah. “Paling banyak dari Lombok Timur, Lombok Barat tujuh orang, Kota Mataram ada lima orang,” katanya Selasa (8/7) siang.

Ratusan jemaah asal kloter ke 13 tersebut dalam keadaan sehat dan ada yang dipulangkan dalam kondisi sakit. “Itu tetap ada yang dibawa menggunakan ambulans. Itu mereka karena sakit,” katanya.

Kondisi tersebut memang sudah dirasakan sejak masih di Tanah Suci. Rata-rata jemaah yang dibawa menggunakan ambulan sudah memasuki usia lanjut atau lansia. “Ibadah haji ini kan membutuhkan tenaga yang ekstra. Ketika dipulangkan itu kondisi lemah. Dengan penyakit yang diderita mereka dirawat,” ujarnya.

- Advertisement -

Ia mengatakan, sebelum dipulangkan jemaah tersebut juga suda mendapatkan perawatan di rumah sakit setempat. Karena di Tanah Suci juga sudah ada rumah sakit Indonesia. “Kalau tidak bisa ditangani di rumah sakit Indonesia maka akan dirujuk ke rumah sakit Arab Saudi,” katanya.

Jumlah jemaah haji di NTB yang sudah kembali ke kampung halamannya yaitu sebanyak 4822 orang dari 4833 orang. Dimana, sebanyak lima orang masih dalam perawatan di rumah sakit Arab Saudi dan enam orang meninggal dunia. (azm)

- Advertisement -


Berita Populer