Lombok Tengah (Inside Lombok) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lombok Tengah (Loteng) menggelar Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N – LAPOR ) pada, Senin (22/7/2024).
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Loteng, Muhamad menerangkan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pengelolaan aduan dan aspirasi masyarakat Loteng terhadap pemerintah daerah. “Kami menekankan pentingnya respons cepat terhadap aduan yang masuk, mengingat saat ini sumber aduan sangat beragam,” katanya.
Dia menjelaskan, bahwa saat ini masyarakat sangat cepat menyampaikan aduan termasuk melalui media sosial dan aplikasi pesan seperti WhatsApp. “Saat ini aduan bersumber dari banyak hal seperti media sosial dan WhatsApp, jadi harus sangat cepat ditanggapi setiap aduan yang masuk,” ujarnya.
Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peserta mengenai pentingnya pengelolaan aduan masyarakat dan penggunaan aplikasi Lapor. “Ini merupakan salah satu sarana yang efektif dalam menjembatani komunikasi antara masyarakat dan pemerintah daerah,” tandasnya.
Sementara itu, salah satu narasumber, Nining Sulistiningsih, menjelaskan bahwa aplikasi Lapor (lapor.go.id) merupakan platform yang sangat baik dan kompleks dalam pelayanan pengaduan masyarakat berbasis online.
“Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan mereka secara langsung dan mendapatkan tanggapan yang cepat dan tepat dari pemerintah daerah,” jelasnya. (fhr)