29.5 C
Mataram
Sabtu, 21 September 2024
BerandaAdvetorialSelai Semangka, Produk Inovatif Mahasiswa KKN PMD UNRAM Desa Sintung 2024

Selai Semangka, Produk Inovatif Mahasiswa KKN PMD UNRAM Desa Sintung 2024

Mataram (Inside Lombok) – Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN PMD) di Desa Sintung, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah. Masyarakat setempat pun diberikan pelatihan untuk inovasi olahan produk dari buah semangka menjadi selai.

Pelatihan pengolahan produk semangka menjadi selai itu dilakukan pada 25 Juli 2024 lalu, di bawah bimbingan Dr. rer. nat. Kosim,M.Si.. Para peserta yang terdiri dari masyarakat, ibu-ibu kader, ibu ibu pkk dan tentunya kepala dusun diajarkan bagaimana cara mengolah buah semangka menjadi selai.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mendorong UMKM berinovasi dalam mengembangkan kekreatifitasan masyarakat untuk membuat suatu produk. Ketua Kelompok KKN, Putu Ryan Pratama Dharma Putra menjelaskan bahwa mahasiswa KKN UNRAM melaksanakan kegiatan ini bertujuan sebagai upaya untuk membangkitkan inovasi masyarakat Desa Sintung untuk meningkatkan potensi usaha yang ada.

Sosialisasi pengolahan semangka menjadi selai oleh Mahasiswa KKN PMD UNRAM di Desa Sintung. (Inside Lombok/Ist)

“Kami memilih pemanfaatan buah semangka ini karena kawasan di Desa Sintung terdapat banyak lahan yang berpotensi ditanami buah semangka, dan kebetulan pada saat survei sebelum KKN sudah ada dilakukan percobaan penanaman buah semangka, dan hasilnya memuaskan, dari itu kami memberikan inovasi untuk masyarakat agar buah semangka tidak hanya bisa dijual langsung tapi bisa juga diolah terlebih dahulu sebelum dipasarkan,” kata Ryan

- Advertisement -

Selain pelatihan pembuatan selai semangka, mahasiswa KKN PMD UNRAM juga mengadakan sosialisasi stunting kepada masyarakat dan juga kepada ibu ibu kader, hal ini bertujuan untuk mencegah tingginya angka stunting di masyarakat Desa Sintung. (r)

- Advertisement -


Berita Populer