32.5 C
Mataram
Minggu, 22 September 2024
BerandaPolitikMaju Pilkada KLU 2024, Danny Minta Restu Pemengkel Adat Desa Loloan

Maju Pilkada KLU 2024, Danny Minta Restu Pemengkel Adat Desa Loloan

Lombok Utara (Inside Lombok) – Optimisme maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Lombok Utara (KLU), Danny Karter Febrianto Ridawan yang maju sebagai Bakal Calon Bupati meminta restu kepada seluruh Tokoh Adat seperti Pemekel adat, Penghulu adat Amaq Lokak (Sesepuh) Paer Bayan di Kampung Adat Loloan Desa Loloan Kecamatan Bayan.

Tokoh adat Bayan, Rianom mengatakan, bahwa Danny sebagai putra dari Dr Ridawan (Alm) cucu dari salah seorang tokoh adat Loloan yang akan mencalonkan diri dalam Pilkada Lombok Utara. Sebagai putra tokoh adat, ritual adat meminta izin atau Mentabeq kepada semua tokoh adat atau sesepuh atau disebut Amaq Lokaq menjadi ritual turun temurun masyarakat adat Paer Bayan.

“Melalui kesempatan ini, Danny yang sekarang menjabat sebagai Wakil Bupati Lombok Utara memohon izin kepada orang tua tokoh adat ataupun sesepuh para Paer Bayan mulai dari Gumantar, Salut, Rempek dan semua keluarga Paer Bayan,” ujarnya Kamis (8/8).

Dalam prosesi adat yang disebut Sangkep beleq Amaq Lokaq Gundem Loloan, Danny diistilahkan meminta keredaanya untuk mencalonkan diri dan diketahui oleh para sesepuh Tuak Lokaq adat Bayan. Danny mengikuti ritual Mentabeq menjadi bagian penting daripada niatan ingin mencalonkan diri sebagai bupati Lombok Utara.

- Advertisement -

“Diharapkan kepada semua keluarga saling menginformasikan kepada seluruh keluarga komunitas adat Paer bayan, bahwa anak kita anak dari pemangku lokak tokoh pemekaran KLU akan mencalonkan diri sebagai bupati di KLU,” jelasnya.

Sementara itu, Danny Karter Ridawan melalui kesempatan memohon maaf sekaligus meminta izin kepada semua tokoh adat Amaq Lokaq maupun penghulu Paer Bayan mulai dari Gumantar, Sesait hingga Bayan untuk kembali mencalonkan diri sebagai bupati Lombok Utara.

“Kali ini saya akan mencalonkan diri sebagai bupati dengan didampingi oleh salah seorang tokoh agama lulusan Al-Azhar Mesir dan Universitas di Malaysia yakni Dr Muhamad Zaki Abdillah LC,” ujarnya.

Pada proses adat “Mentabeq” atau prosesi meminta izin, sebanyak 50 lebih Amaq Lokaq maupun Penghulu adat Paer bayan mulai dari Amaq Lokaq Batu Santet Bayan hingga Amaq Lokaq Sesait dan Gumantar Kayangan hadir dalam prosesi adat Mentabeq tersebut. (dpi)

- Advertisement -


Berita Populer