27.5 C
Mataram
Sabtu, 26 Oktober 2024
BerandaLombok TimurSambut HUT RI, Beberapa Kecamatan di Lotim Mulai Gelar Lomba Gerak Jalan

Sambut HUT RI, Beberapa Kecamatan di Lotim Mulai Gelar Lomba Gerak Jalan

Lombok Timur (Inside Lombok) – Parade baris berbaris atau biasa dikenal dengan gerak jalan sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dalam memeriahkan momen kemerdekaan di bulan Agustus. Sehingga memasuki bulan Proklamasi seperti saat ini, beberapa kecamatan sudah menggelar berbagai lomba, salah satunya gerak jalan indah.

Seperti yang terlihat di Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, semua sekolah baik utuk dari tingkat TK/Paud, SD, SMP, dan SMA ikut andil dalam beberapa lomba menyambut hari kemerdekaan yang dilaksanakan oleh pihak panitia kecamatan. Momen lomba tersebut dilaksanakan lebih awal menyambut kemerdekaan sekaligus menjadi ajang seleksi.

Ketua Panitia Hari Kemerdekaan Pringgasela, H. Adli mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan berbagai kegiatan lebih awal dengan tujuan untuk menyambut hari Kemerdekaan. Agenda tersebut memang rutin dilaksanakan setiap tahunnya sekaligus nantinya kegiatan peringatan HUT Pramuka.

“Agenda ini setiap tahun kita laksanakan lebih awal karena kita lebih awal pembentukan panitia dan sekaligus memasukkan rangkaian HUT Pramuka, karena banyak nya kegiatan jadi mulai lebih awal,” jelasnya, Jumat (09/08/2024).

- Advertisement -

Kegiatan yang dilaksanakan lebih awal tak hanya untuk menyambut HUT RI dan Pramuka saja, melainkan langkah itu juga diambil agar proses pembelajaran di sekolah tidak terganggu. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar panitia melibatkan para guru dan siswa dan siswi sekolah sebagai pesertanya. “Karena kegiatan ini melibatkan siswa-siswi agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar mereka,” ucapnya.

Sementara itu, kegiatan yang diadakan untuk menyambut HUT RI ke-79, pihak panitia kecamatan melaksanakan beberapa rangkaian lomba seperti gerak jalan indah tingkat TK, SD, SMP, dan umum, pawai, dan ditutup dengan jalan sehat. “Kegiatan kita ini berjalan dari tanggal 8 sampai 22 Agustus 2024,” katanya.

Kegiatan yang dilakukan lebih awal seperti lomba gerak jalan indah dimaksudkan juga sebagai ajang seleksi, di mana nantinya yang berhasil menyabet juara pada setiap kategori akan dikirim untuk lomba tingkat kabupaten untuk mewakili Kecamatan Pringgasela. “Ini kesempatan seleksi lomba agar tidak repot seleksi ulang lagi,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer