28.5 C
Mataram
Jumat, 27 September 2024
BerandaPolitikRefleksi MotoGP di Sirkuit Mandalika, Jokowi Acungkan Dua Jempol untuk Bang Zul

Refleksi MotoGP di Sirkuit Mandalika, Jokowi Acungkan Dua Jempol untuk Bang Zul

Mataram (Inside Lombok) – Sirkuit Mandalika kembali menjadi tuan rumah seri MotoGP di 2024 ini. Euforia masyarakat pun kembali meningkat, terutama setelah digelarnya riders parade di Kota Mataram, Rabu (25/9) kemarin, dengan menghadirkan pembalap utama MotoGP seperti Jack Miller, Pedro Acosta, Alex Rins, Enea Bastianini, Marc Marquez, Marco Bezzecchi, Jorge Martin, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, Takaaki Nakagami, Luca Marini, Raul Fernández, dan Aleix Espargaro.

Jika merefleksi kembali, terselenggaranya MotoGP di Mandalika tidak lepas dari peran Pemprov NTB di bawah kepemimpinan Zulkieflimansyah sebagai Gubernur NTB kala itu. Keberhasilan Bang Zul mengawal dan membuat MotoGP terealisasi di Mandalika pun mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada penyelenggaraan MotoGP di 2022, Presiden Jokowi mengangkat dua jempol untuk kepemimpinan Bang Zul yang telah mendukung penuh event internasional itu hingga sukses dan membawa harum nama Indonesia. Jokowi pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bang Zul dan masyarakat NTB secara umum, serta pada penyelenggara dan pekerja yang telah menyiapkan event tersebut. “Apresiasi untuk Pak Gubernur dan masyarakat NTB, dan semua pihak yang sudah mendukung kesuksesan MotoGP ini,” ujarnya.

“Memang masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki. Saya kira ini event jangka panjang, tahun depan akan kita perbaiki lagi apabila ada kekurangan-kekurangan dan saya ingin menyampaikan selamat kepada semuanya,” ujar Jokowi kala itu. Benar saja, MotoGP kembali terselenggara di 2023 dengan jumlah penonton dan perputaran uang lebih tinggi.

- Advertisement -

Kali ini di 2024, meski sudah tidak menjabat Gubernur lagi, Bang Zul juga tetap memberikan perhatian pada event MotoGP. Salah satunya terkait isu hosting fee yang sempat menyita perhatian, lantaran disebut akan membuat MotoGP tidak bisa dilangsungkan lagi tahun ini. “Kalau memang ada hal yang memberatkan seperti hosting fee, mestinya kita urun rembug untuk meringankan apa yang dirasakan oleh penyelenggara,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Kepemimpinan Bang Zul yang berhasil menyukseskan MotoGP saat menjadi Gubernur itu pun sebelumnya mendapat apresiasi dari banyak pihak. Bukan hanya dari presiden Jokowi, tapi dari masyarakat umum juga. “Tipe pemimpin masa depan,” ujar akun sastradi-putra di unggahan foto jokowi mengangkat dua jempol untuk Bang Zul.

- Advertisement -


Berita Populer