23.5 C
Mataram
Jumat, 4 Oktober 2024
BerandaLombok TengahSambut HUT Loteng 79, Pemda Loteng akan Gelar Tastura Award

Sambut HUT Loteng 79, Pemda Loteng akan Gelar Tastura Award

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Pemerintah Daerah Lombok Tengah (Loteng) tahun ini bakal kembali menggelar ajang Tastura Award 2024. ajang untuk memberikan penghargaan bagi tokoh, lembaga dan organisasi kemasyarakatan yang dinilai telah berkontribusi nyata dalam mendukung kemajuan serta pembangunan di daerah ini.

Kepala Badan Perencana Pembangunan, Inovasi dan Riset Daerah (Bapperida) Loteng Lalu Wiranata, pihaknya menggandeng jurnalis untuk sama-sama menyeleksi dan menilai para penerima penghargaan Tastura Award 2024. “Ini tahun kedua Tastura Award kita gelar. Sebagai rangkaian dari perayaan Hari Jadi Kabupaten Lombok Tengah,” ujarnya, Rabu (2/10) di Praya.

Dijelaskan, ada tiga kategori penghargaan yang disiapkan. Kategori Tatas, diperuntukan bagi person atau individu yang punya kontribusi dan memiliki jasa besar Loteng. Kemudian kategori Tuhu, diperuntukan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan serta desa yang memiliki kinerja terbaik.

“Terakhir, ada kategori Trasne. Kategori ini sama dengan kategori Tatas. Tetapi diperuntukan bagi lembaga maupun organisasi kemasyarakatan. Bisa itu LSM, perkumpulan maupun kelompok-kelompok masyarakat yang telah memberikan kontribusi besar bagi daerah ini di bidang pengabdiannya masing-masing,” terangnya.

- Advertisement -

masyarakat akan diberikan ruang untuk bisa mengusulkan calon penerima Tastura Award. Khususnya untuk kategori Trasne. Tentunya dengan memperhatikan kriteria yang ditentukan oleh tim penjaringan nantinya. “Jadi setiap kategorinya, ada kriteria-kriterianya. Bukan asal memberikan penghargaan,” katanya.

Dikatakan, saat ini tim penjaringan yang dibentuk bulan September kemarin sudah mulai bekerja. Menghimpun bakal calon penerima penghargaan. Setelah terhitung, nantinya akan ada tim penilai. Untuk menentukan siapa yang bakal menerima penghargaan Tastura Award tahun ini. Dalam menentukan penerima, pihaknya tidak ikut campur. Itu murni menjadi keputusan tim penilai.

“Tastura Award bentuk apresiasi dan penghargaan pemerintah daerah kepada tokoh, lembaga dan organisasi kemasyarakatan yang telah berjasa besar bagi daerah. Termasuk juga bagi OPD serta kepala desa di daerah ini,” tandasnya.

“Harapannya, penghargaan ini bisa menjadi pemicu semangat bagi semua pihaknya dalam berkarya dan memberikan sumbangsih serta kontribusi bagi daerah tercinta ini,” pungkasnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer