24.5 C
Mataram
Sabtu, 12 Oktober 2024
BerandaPeristiwaKebanyakan Sudah Kering, Sampah di Atas Dump Truck DLH Kota Mataram Terbakar

Kebanyakan Sudah Kering, Sampah di Atas Dump Truck DLH Kota Mataram Terbakar

Mataram (Inside Lombok) – Sampah di salah satu dump truck milik Dinas Lingkungan Hiudp (DLH) Kota Mataram terbakar. Fenomena itu pun sempat membuat heboh pengguna jalan, meski kemudian petugas terpaksa membuang sampah tersebut di Tugu Mataram Metro agar pemadaman bisa lebih cepat dilakukan.

Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Mataram, Vidi Partisan Yuris Gamanjaya mengatakan tidak mengetahui secara pasti penyebab kebakaran sampah di atas dump truck, karena pada saat pengangkutan dilaporkan tidak ada percikan api. “Itu tadi dari pasar Sandubaya Mandalika. Kita tidak tahu pada saat mengangkut itu ada puntung rokok tertinggal atau seperti apa. Sopirnya juga tidak tahu dan bingung juga,” katanya, Jumat (11/10) sore.

Ia mengatakan, dengan kebakaran sampah yang terjadi di atas dump truck tersebut diakui tidak ada kerugian yang dialami oleh DLH Kota Mataram. Karena untungnya sampah yang terbakar hanya yang ada di permukaan dan tidak sampai bawah. “Di atas saja itu. Karena yang dibawah itu sampah-sampahnya masih basah,” katanya.

Pemadaman cepat langsung dilakukan oleh pemadam kebakaran Kota Mataram dan saat ini sudah bersih kembali. Selama menjabat sebagai Kepala Bidang Persampahan, kebakaran sampah di atas truk baru pertama terjadi. “Langsung ditumpah di sana tadi. Sudah dipadamkan dan sudah dibersihkan dan aman,” ungkapnya.

- Advertisement -

Kebakaran sampah di atas dump truck disebut tidak berpengaruh yang besar terhadap kondisi kendaraan. Pasalnya lapis truk sampah terbuat dari stainless sehingga tidak mudah rusak jika terkena oleh api. “Kalau memang seperti itu insya allah tidak terbakar kita punya kendaraan ya,” katanya.

Ia menyebutkan, sampah-sampah yang ada saat ini lebih banyak kering sehingga lebih mudah terbakar. “Kita kan tidak tahu karena ini faktor X lah istilahnya dan jarang-jarang terjadi. Ini pertama kali di jaman saya,” katanya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer