22.5 C
Mataram
Jumat, 18 Oktober 2024
BerandaPeristiwaKapal Rizal Indah 2 Tenggelam Saat Menuju Lombok, Semua Awak Berhasil Dievakuasi

Kapal Rizal Indah 2 Tenggelam Saat Menuju Lombok, Semua Awak Berhasil Dievakuasi

Lombok Timur (Inside Lombok) – Tim SAR berhasil menyelamatkan seluruh awak kapal ikan Rizal Indah 2 yang tenggelam di perairan timur laut Pulau Lombok pada Rabu malam (16/10). Lima awak kapal berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat setelah mengalami kecelakaan.

Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi, menyampaikan bahwa seluruh awak kapal telah berhasil ditemukan dan dievakuasi dalam keadaan selamat, hal itu berkat koordinasi dan kerjasama semua pihak dalam melakukan penyelamatan. “Jumlah korban ada lima orang,” ujarnya pada Kamis (17/10).

Kapal dengan panjang 17,36 meter dan GT 31 tersebut dilaporkan mengalami kebocoran saat berlayar dari Kalimantan menuju Labuan Lombok, yang menyebabkan kapal tenggelam. Tim SAR gabungan segera dikerahkan untuk melakukan pencarian dan evakuasi.

Operasi penyelamatan ini melibatkan berbagai unsur, termasuk Pos SAR Kayangan, Direktorat Polair Polda NTB, Pos Polair Lombok Timur, Pos AL Kayangan, nelayan setempat, serta beberapa pihak terkait lainnya. Pencarian dilakukan menggunakan kapal RIB, KM Mandiri, dan Nusa Abadi. “Berkat kerja sama yang baik, seluruh korban berhasil ditemukan dan dievakuasi ke kapal Nusa Abadi pada Kamis pukul 01.30 WITA,” ungkap Wahyu.

- Advertisement -

Setelah dievakuasi, para korban dibawa ke Pelabuhan TPI Lombok Timur dan tiba pada pukul 12.30 WITA. Mereka diserahkan kepada keluarga masing-masing. Adapun identitas korban yang selamat adalah Riswan (37), Jaya (30), Dedi Heriato (30), Rizal (25), dan Hasan (45). (den)

- Advertisement -

Berita Populer