25.5 C
Mataram
Sabtu, 23 November 2024
BerandaAstra Honda NTBAstra Motor NTB Dukung UMKM Lewat Branding dan Pemasaran

Astra Motor NTB Dukung UMKM Lewat Branding dan Pemasaran

Mataram (Inside Lombok) – Astra Motor NTB menjadi salah satu perusahaan yang tetap konsen dan fokus dalam kegiatan berkelanjutan bersama Masyarakat di NTB khususnya di Pulau Lombok. Dengan berdasar pada 4 pilar utama dalam melakukan kegiatan CSR ini yaitu, pilar Lingkungan, pilar Pendidikan, pilar Kewirausahaan, dan pilar Kesehatan, Astra Motor NTB turut menggandeng jaringannya agar mau aktif dan juga peduli pada lingkungan sekitar.

Belum lama ini, aktivitas berbagi pada posyandu dilakukan oleh Astra Motor Brawijaya ini masuk pada kategori pilar kesehatan dan aktivitas teranyar, Astra Motor Ampenan melakukan kunjungan ke salah satu UMKM binaannya UD. Ares yang terdapat di kota Mataram. Ada juga UMKM kerupuk telur asin, UMKM keripik beleleng dan masih banyak lainnya.

“Astra Motor yang merupakan bagian dari divisi bisnis Astra International turut serta dalam mensukseskan bentuk kepedulian terhadap masyarakat, sosial dan lingkungan. Kegiatan CSR yang Astra Motor NTB lakukan bersama dengan jaringan retail kami tentunya in-line dengan misi perusahaan kami, yaitu Memberikan Nilai Tambah bagi para stakeholders. Menjadi perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial dan ramah lingkungan,” ujar Jeffry Mei Gamastra selaku Kepala Wilayah Astra Motor NTB.

Dalam mewujudkannya misi tersebut, pihaknya mentransfer semangat saling membangun negeri melalui empat pilar utama yang menganut dari mother group company Astra International. Dengan AM Greeners sebagai pilar lingkungan, AM Smart sebagai pilar pendidikan, AM Growth sebagai pilar kewirausahaan, dan AM Health sebagai pilar kesehatan.

Memanfaatkan momen Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Astra Motor NTB menggandeng puluhan jurnalis media cetak dan media online untuk bersilaturahmi sekaligus menggelar aktivitas menarik dengan menggelar touring Kemerdekaan Pers. Tak hanya sekedar touring namun Astra Motor NTB melalui tim Public Relationnya berkunjung ke salah satu UMKM, tepatnya di Lingkungan Karang Baru Mataram.

UMKM binaan Astra Motor ini merupakan program dari Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung dan membantu UMKM di NTB dalam hal kemasan, promosi dan bahan baku agar usaha mereka meningkat dan bisa menciptakan lapangan kerja baru.

Branch Head Astra Motor Ampenan Arif Apriliawan mengatakan Honda datang ke UD Ares di awal tahun 2024 untuk membantu kemasan dan promosi produk. Alasan Astra Motor menjadikan UD Ares sebagai binaan mengingat di Astra Motor Ampenan yang datang servis motor kurang lebih 70 motor perhari, dalam sebulan bisa sampai 2000 konsumen, dan Astra Motor Ampenan sendiri memang sengaja menyiapkan wadah atau etalase untuk penyediaan produk UMKM binaan Astra Motor Ampenan selain produk dari UD Ares
Kata Arif.

Saat ini produk UD Ares baru hanya ada di Astra Motor Ampenan setiap satu minggu sekali produk UD Ares dipesan sebanyak 20 sampai 30 bungkus untuk dua jenis varian yakni keripik jagung dan rumput laut. Sedangkan saat pemesanan, Arif menandaskan Astra Motor Ampenan pesan produk ke UD Ares dalam bentuk tidak ada label dalam kemasan, nantinya Astra Motor sendiri yang akan menempelkan label kemasan dengan mencantumkan nama, alamat dan nomor kontak UD Ares dan Branding Astra Motor NTB.

Astra Motor NTB sebagian bagian dari perusahaan otomotif raksasa, Astra Motor NTB yang sangat konsen mendukung pengembangan UMKM. Melalui jaringannya, Astra Motor Ampenan, sejak tahun 2024 ini membantu pendampingan mengembangan UD Ares. Pendampingan dan bantuan diberikan dalam bentuk pemenuhan standar kemasan produk, memperkuat branding, hingga pemasaran.

Menurut Arif Aprilliawan, Kepala Cabang Astra Motor Ampenan, selain pendampingan dari sisi pemasaran, Astra Motor menyediakan rak khusus untuk display produk yang ditempatkan cukup strategis dengan konsumen yang datang ke dealer Astra Motor Ampenan.

“Setiap bulan ada ribuan kunjungan konsumen. Baik yang membeli sepeda motor Honda, atau yang service. Biasanya cemilan UD. Ares di pajangan cukup laku. Bahkan kami di Astra Motor juga merekomendasikan kepada semua stakeholder untuk membeli oleh-oleh UD. Ares salah satunya,” demikian Arif. (r)

- Advertisement -

- Advertisement -

Berita Populer