11.017 UMKM di Lotim Diajukan Dapat Bantuan Produktif dari Pusat

Para penggiat UMKM saat mengajukan pertanyaan untuk diusulkan mendapat bantuan, di Selong, Selasa (20/10/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Dalam membantu para penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pemerintah Pusat berikan bantuan produktif. Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) sendiri mengajukan UMKM yang mendapat bantuan tersebut sebanyak 11.017 UMKM.

Kabid Pembinaan UMKM, Yunus Mengatakan, Dalam memperhatikan para UMKM di Indonesia, Pemerintah Pusat memberikan bantuan stimulus yang sifatnya produktif. Bantuan tersebut berupa uang tunai sebesar Rp2.400.000 per UMKM untuk mendukung produksi para UMKM.

“Dalma hal ini kita di Pemda hanya mengusulkan nama-nama para UMKM dan yang menentukan itu dari pusat,” ucapnya saat ditemui Inside Lombok di Kantor Bupati Lotim, Selasa (20/10).

Sampai saat ini, dikatakan Yunus, pihaknya belum tau pasti berapa UMKM Lotim yang sudah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat, dikarenakan bantuan tersebut langsung dikirim melalui rekening para UMKM.

“Kita belum tau berapa yang sudah cair bantuannya, karena itu kerjasamanya Pemerintah Pusat dengan Bank BRI. Hanya itu yang tau jumlah pasti penerima bantuan UMKM tersebut,” jelasnya.

Pemerintah Pusat memberikan bantuan kepada 12 juta UMKM di Indonesia, dan tidak ada batasan bagi para Pemerintah Daerah untuk mengusulkan para UMKM.

“Tidak ada batasan kuota kalau kita di Pemda, karena kita hanya sebatas mengusulkan,” ujarnya.

Bagi para UMKM yang sudah mendapat pencairan dana, diharapkan agar memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin untuk meningkatkan usahanya dan juga meningkatkan prekonomian.

“Semoga yang sudah dapat bisa memaksimalkan bantuannya,” harapnya.