Mataram (Inside Lombok)- Puluhan kuliner otentik dari berbagai wilayah Indonesia siap memanjakan selera seluruh pengunjung yang menghadiri acara bergengsi, MotoGP Mandalika 2022. Dimana ada 30 UMKM kuliner Indonesia akan terlibat dalam Festival Jajanan Bango (FJB) Mandalika.
Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Muhammad Neil El Himam mengatakan, saat ini Indonesia berada dalam fase penting pemulihan ekonomi dan menjadi momentum untuk bangkit. Kemenparekraf/Baparekraf melihat potensi subsektor ekraf yang dapat mendukung pemulihan ekonomi. Salah satunya kuliner Indonesia, ini adalah sub sektor ekonomi kreatif yang berperan besar pada kebangkitan perekonomian.
“Komitmen kami pemerintah untuk dapat bekerja sama dengan pihak stakeholder seperti Bango memberi semangat yang luar biasa untuk terus berkolaborasi,” ujar Muhammad Neil El Himam, Senin (14/3).
Direktur Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia Hernie Raharja mengatakan, sejak 2018, pelaksanaan FJB telah berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI karena dinilai memiliki peran strategis dalam memperkuat sektor wisata kuliner.
“Kolaborasi inilah yang melandasi Kemenparekraf memberikan kepercayaan pada Bango dan FJB untuk menjadi Presenting Partner pemerintah untuk memperkenalkan kuliner Indonesia di perhelatan akbar MotoGP Mandalika 2022,” tuturnya.
Nantinya dalam FJB Mandalika 2022 akan memanjakan para pengunjung, baik lokal maupun mancanegara, dengan menghadirkan 6 penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah Indonesia serta 27 UMKM kuliner lokal khas NTB yang kelezatan hidangannya sudah sangat tersohor.
“Total ada 30 UMKM kuliner yang ikut di FJB, tentunya paling banyak itu dari kuliner di NTB. Sebanyak 2 kuliner lokal yang ikut,” tuturnya.
Kekayaan dan keanekaragaman kuliner Indonesia, terutama yang nanti akan ditampilkan di Festival Jajanan Bango diharapkan akan meningkatkan kepuasan penonton MotoGP Mandalika. Karena menjadi pusat perhatian dunia, dimana 400 juta pasang mata akan menonton MotoGP, maka acara ini akan menunjukkan kearifan lokal dan juga aneka bumbu yang dimiliki sebagai bagian dari program ‘Spice Up the World’.
“FJB Mandalika 2022 juga kami harap mampu membantu para penjaja kuliner – khususnya kuliner lokal dari NTB – untuk semakin dikenal luas, baik di dalam negeri maupun ke kancah dunia,” imbuhnya. (dpi)