Ahli Waris Anggota BPBD yang Gugur dalam Tugas Diberikan Santunan

Saat pemberian santunan secara simbolis kepada istri Lalu Bambang Budianto, Selasa (06/04/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) -Almarhum Lalu Bambang Budianto merupakan salah satu anggota Tim Reaksi Cepat dan Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD Lotim yang meninggal dalam kecelakaan saat menjalankan misi kemanusiaan. Tiga tahun meninggalnya mendiang Bambang, kini almarhum mendapat santunan dari BPJamsostek untuk meringankan beban keluarganya.

Bambang yang mulanya seorang Jurnalis di Lotim beberapa bulan sebelum meninggal memutuskan untuk menjadi anggota TRC-PB BPBD Lotim. Sehingga dalam kepesertaan BPJS Bambang masih terdaftar dalam anggota Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT).

Kepala Cabang BPJamsostek Selong, Akbar Ismail mengatakan bahwa dirinya tidak mengenal almarhum dan ia hanya tahu namanya saja. Dengan kejadian kecelakaan lalu, ia mengenalnya dari para rekan jurnalis Bambang, bahwasanya Bambang orang yang baik.

Dikatakan Akbar, almarhum adalah pahlawan bagi semua, melalui kejadian yang menimpa Bambang ia menjadi sadar akan hak peserta dan juga kesadaran dari pemerintah untuk melindungi pegawainya dengan kepesertaan BPJamsostek.

“Santunan ini tidak bisa menggantikan sosok almarhum, tapi dengan santunan yang diberikan kita harapkan bisa menjadi bantuan untuk bisa meringankan beban keluarga almarhum,” katanya saat penyerahan santunan kepada istri Bambang yang berlangsung di Musala BPBD Lotim, Selasa (06/04/2021).

Konsep jaminan sosial adalah gotong royong, santunan yang diberikan tersebut merupakan santunan dari para peserta BPJamsostek bukan dari BPJS sendiri. Almarhum meninggal dalam menjalankan tugas dan terdaftar menjadi peserta BPJS melalui FJLT setelah masuk almarhum menjadi anggota BPBD sehingga sedikit ada keterlambatan dalam pengurusan.

“Kita berikan Rp42 juta kepada keluarga, mudah-mudahan kita bisa memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya masyarakat pekerja untuk mendaftar menjadi kepesertaan BPJamsostek,” jelasnya.

Selain itu, Ketua FJLT, Rusliadi megucapkan terima kasih kepada Kepala Cabang BPJS Ketenaga Kerjaan atau BPJamsostek Lotim dan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim karena telah aktif dalam mengurus santunan kepda ahli waris almarhum Lalu Bambang Budianto

“Meskipun menjadi anggota TRC-PB BPBD Lotim, Bambang aktif memberikan jurnalis Lotim informasi langsung dari lapangan apabila terjadi bencana, sehingga sosok almarhum akan tetap kami kenang,” ujar Rusli

Sementara itu, salah seorang perwakilan BPBD yakni Lalu Masri Habibullah mengatakan, kehadiran almarhum Bambang dalam anggota BPBD TRC-PB BPBD Lotim sangat terasa sekali perubahan yang dirasakan. Karena biasanya almarhum di lapangan yang langsung memberikan informasi pertama kali kepada rekan pers

“Walaupun kebersamaan yang singkat almarhum sangat luar biasa, kami beruntung memilikinya dan juga terima kasih sekali atas santunan yang diberikan oleh BPJamsostek,” Imbuhnya.