Antisipasi Pohon Tumbang, DLHK Lotim Akan Lakukan Penataan Pohon Pelindung

85
Penataan pohon pelindung jalan yang dilakukan oleh pihak DLHK yang dikawal oleh kepolisian beberapa waktu lalu, di Selong, Senin (18/01/2020). (Inside Lombok/Pertamanan Lotim)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Antisipasi pohon tumbang, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) akan memaksimalkan penataan pohon di pinggir jalan.

Kepala Bidang Pertamanan DLHK Lotim, Makrifat mengatakan, dalam memberikan rasa aman untuk pengendara di Lotim, pihaknya akan terus lakukan penataan pohon pelindung jalan di Lotim. Yaitu dengan melakukan penebangan terhadap pohon tua dan melakukan penataan berupa pemangkasan terhadap pohon yang masih muda.

“Sampai saat ini kita sudah menata sebanyak 76 pohon di wilayah Kota Selong,” ucapnya kepada Inside Lombok di ruangannya, Senin (18/01/2020).

Adapun pihaknya meminta kerjasama kepada seluruh kepala desa yang ada di Lotim untuk menata pohon yang ada di daerahnya masing-masing dengan cara swadaya, dikarenakan keterbatasan dari pihak DLHK untuk menata pohon yang ada di desa-desa masih sangat minim.

“Jumlah personel kita di Bidang Pertamanan ini hanya sebelas orang, dan itu sangat terbatas. Sehingga kita sudah bersurat ke semua kepal desa untuk melakukan penataan pohon,” jelasnya.

Cuaca buruk yang masih terus menerus melanda NTB khusunya Lotim. Membuat pihak DLHK mengantisipasi dampak dari cuaca buruk dengan melakukan penataan pohon. Agar nantinya bisa menciptakan rada aman bagi para pengguna jalan.