Atasi Kekeringan di Jerowaru, PDAM Lotim Maksimalkan Sumur Tutuk

Dinas PUPR dan PDAM Lotim cek kondisi air dari Sumur Tutuk di Jerowaru, Selasa (23/06/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Saat ini, air dari tower yang dibangun Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Lotim itu sudah mengalir sampai ke Dusun Pengoros dan Aro Inak di Desa Sekaroh. Pembangunan SPAM Sumur Tutuk sebagai solusi permanen menanggulangi kekeringan di Kecamatan Jerowaru telah menunjukkan hasil.

Direktur Umum PDAM Lotim, Bambang Prayitno mengatakan, sesuai dengan perencanaan proyek pembangunan SPAM, pihaknya mengaku sudah berhasil dalam mengatasi kekeringan di Jerowaru. Hal tersebut dilihat dari lajunya air yang sudah busa sampai ke ujung Dusun Pengoros.

“Ini sudah sesuai dengan perencanaan kita di awal, semoga dengan adanya SPAM sumur tutuk dapat mengatasi kekeringan di Jerowaru,” katanya, Selong (23/06/2020).

Dikatakannya, meskipun demikian, apa yang dicanangkan PUPR Lotim tetap memiliki keterbatasan. Ia akan membenahi PDAM selaku pihak yang menerima pengelolaan SPAM Sumur Tutuk.

“Akan tetapi untuk sekarang ini, kita tidak berani memompanya terus menerus,” jelasnya.

Untuk diketahui, anggaran listrik dalam penghidupan pompa mesin ini, bisa menghabiskan anggaran sebesar Rp30 juta sampai Rp40 juta untuk per bulan, sembari memaksimalkan Sambungan Rumah (SR) yang mencapai seribu lebih di Kecamatan Jerowaru.

“Saat ini yang sudah aktif sekitar 600 SR dan sampai saat ini kita masih dalam perbaikan jaringan,” terangnya.

Suplai air bersih yang berasal dari bendungan Pandan Dure yang merupakan sebagai induknya, saat ini masih berkisar pada angka 25 liter per detik. Namun dengan adanya tambahan dari SPAM Sumur Tutuk dan sumber mata air lainnya seperti di Montong Gading dan Semaye, jumlah tersebut bisa dimaksimalkan sampai 50 liter per detik.

“Bendungan Pandan Dure kan akan difokuskan untuk irigasi, oleh karena itu kita menyiapkan sumur tutuk dan beberapa mata air,” ujar Bambang.

Lanjutnya, Bak Pelepas Tekan (BPT) yang ada di Desa Sekaroh telah dipastikan bisa terisi dengan bantuan dari SPAM sumur tutuk. Dari pembangunan SPAM sumur tutuk, proyeksi saluran air yang direncanakan sebanyak 95 SR. Jumlah itulah yang nantinya akan dimaksimalkan.

“Semestinya itu bisa tersambung sampai 200 SR,” terangnya.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Lotim Makrifatullah menerangkan, SPAM sumur tutuk sudah bisa difungsikan sesuai studi kelayakan pembangunan. Desa Pemongkong dan Sekaroh khususnya sampai ke dusun Aro Inak dan Pengoros sudah bisa mendapatkan air dari sumur tutuk.

“Meski saat ini telah dikelola PDAM, akan tetapi tower ini tetap akan kami monitoring” katanya.