Bangkitkan Pariwisata, Persiapan Road Bike di Sembalun Hampir 100 Persen

Ilustrasi Road Bike. (Image source: Triathlonology)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Persiapan kejuaraan sepeda jalan raya (Road Bike) Sembalun King Of Mountain (KOM) hampir 100 persen. Event tersebut sekaligus memantapkan posisi Sembalun sebagai destinasi sport tourism atau wisata olahraga.

Sekretaris Daerah Lotim, H. M. Juaini Taufiq mengatakan event tersebut akan berlangsung tanggal 19 Desember mendatang. Pesertanya mencapai 100 orang dari berbagai daerah, seperti Lombok, Sumbawa, Bali, Kalimantan, hingga Jawa.

Para peserta nantinya akan berlomba mengayuh sepedanya sejauh 24,7 kilometer. Mulai dari Pantai Aik Aren, Sambelia hingga berakhir di Rest Area Sembalun.

“Jadi tidak hanya Dispar saja yang kami harapkan untuk memanfaatkan momen ini. Namun juga semua OPD dapat memanfaatkannya untuk mensosialisasikan destinasi wisata yang ada di Lotim, karena para peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia,” ujar Juaini pada rapat persiapan pelaksanaan Sembalun KOM, Selasa (7/12).

Sementara itu, Kadis Kesehatan Lotim, H Fathurrahman mengungkapkan terkait capaian vaksinasi Covid-19 di dua kecamatan penyangga acara tersebut terus dikebut. Untuk Kecamatan Sambelia misalnya capaian vaksin sekitar 72,72 persen untuk dosis pertama dan 41,94 persen untuk dosis kedua.

Sedangkan untuk Kecamatan Sembalun vaksinasi dosis pertama mencapai 79,49 persen, sedangkan dosis kedua baru mencapai 49,48 persen. “Capaian vaksinasi ini menjadi salah satu prasyarat pelaksanaan Sembalun KOM,” jelasnya.

Selain vaksinasi, Pemda Lotim juga memberikan dukungan tenaga medis dan menyiapkan tiga unit ambulans beserta obat-obatan untuk menyukseskan event tersebut. Dengan begitu, geliat pariwisata dan ekonomi di lotim diharapkan terlihat kembali. (den)