Bingung Pilih Caleg? Telusuri Rekam Jejak Kandidat dengan Cara Berikut

Ilustrasi (sumber: KPU RI)

Mataram (Inside Lombok) – Pemilu 17 April 2019 mendatang tidak hanya memberikan pilihan untuk capres dan cawapres saja, namun juga para caleg yang akan menduduki posisi sebagai anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menyediakan laman website yang memperlihatkan profil caleg di daerah pemilihan (dapil) untuk setiap tingkat.

Laman ini disediakan agar masyarakat bisa menentukan pilihan caleg yang tepat dengan menelurusi daftar riwayat hidup atau rekam jejak para caleg. Memilih caleg yang tepat sangat dianjurkan karena kedudukan dewan legislatif juga tak kalah penting untuk menegakkan Undang-Undang RI.

Masyarakat yang ingin tahu rekam jejak caleg bisa mencoba buka laman KPU berikut https://infopemilu.kpu.go.id/ dan langsung memperlihatkan daerah pemilihan dalam Pemilu 2019.

Setelah masuk ke laman tersebut klik kotak yang bertuluskan “Jenis Pemilihan” dan pilih “Pileg 2019”. Kemudian klik “Daerah Pemilihan” yang akan menunjukkan peta dapil Pemilu 2019.

Terdapat tiga kotak pilihan untuk mencari dapil sesuai tingkatannya. Pada kotak “Pilih Tingkat Dapil”, akan terurai 3 opsi DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabko sesuai dengan apa yang ingin dicari.

Apabila ingin mencari profil caleg DPRD Provinsi NTB, maka pilih opsi tersebut dan ketik nama provinsi “Nusa Tenggara Barat” hingga keluar opsinya. Pilih nama provinsi tersebut, setelah itu klik tombol “Lihat”.

Tampilan peta langsung tertuju ke nama provinsi yang telah diketik. Terdapat 2 kolom pada sisi sebelah kanan dan kiri yang berisikan sejumlah informasi mengenai para caleg di dapil tersebut.

Kolom sebelah kiri berisikan jumlah kursi, minimum kursi, dan maksimum kursi dapil. Sedangkan kolom sebelah kanan berisikan informasi para caleg di daerah pemilihan. Untuk melihat profil tekan link “Lihat Data DCT”.

Informasi akan muncul di tab sebelah yang menampilkan sejumlah daftar nama calon legislatif untuk dapil Nusa Tenggara Barat. Untuk melihat biodata dan rekam jejak caleg yang ingin ditelusuri, klik “detail” dan setelah itu akan muncul data caleg tersebut.

Bagi para pemilih yang masih kebingungan untuk menentukan siapa caleg pilihannya dalam Pemilu 2019 mendatang, bisa kunjungi laman tersebut dan telusuri daftar riwayat hidup para caleg di dapil masing-masing agar dapat memilih kandidat yang tepat. Mari gunakan hak pilih kita dengan bijak.