Dharma Wanita SMK Negeri 4 Mataram Kunjungi Panti Sosial Lanjut Usia

Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMK Negeri 4 Mataram memberikan sumbangan sembako kepada Balai Sosial Lanjut Usia Provinsi NTB di Mataram, Rabu (07/04/2021). (Inside Lombok/Adeliena)

Mataram (Inside Lombok) – Sebagai ajang bersilaturahmi dan menunjukkan kepedulian terhadap sesama, Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMK Negeri 4 Mataram berkunjung ke Balai Sosial Lanjut Usia (Panti Wredha) yang terletak di Jalan Majapahit, Mataram pada Rabu (07/04/2021).

Kunjungan sosial ini dilaksanakan berdasarkan hasil rapat kerja Bidang Sosial-Budaya DWP Unit Pelaksana SMK Negeri 4 Mataram tahun 2021.

“Ini salah satu program bidang sos-bud untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan. Ditambah lagi untuk meningkatkan rasa kepedulian,” ujar Ketua DWP SMK Negeri 4 Mataram, Gst Ayu S Astuti.

Karena menurutnya, Dharma Wanita itu sebenarnya tujuan utamanya adalah untuk menciptakan rasa soild dan harmonis di antara anggotanya dan memberi manfaat untuk masyarakat sekitar.

Diwakili oleh 10 orang anggota Dharma Wanita dan Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Mataram, kegiatan ini berlangsung dengan memberikan sumbangan berupa sembako dan berkeliling mengunjungi para lansia.

Selain dalam bidang sosial budaya, DWP SMK Negeri 4 Mataram juga memiliki program di bidang pendidikan, namun program sosial budaya lebih didahulukan untuk menyambut bulan Ramadan. Ia berharap kegiatan ini dapat terus terlaksana sebagai kegiatan yang rutin.

“harapannya semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan. Kita tetap mengagendakan kegiatan sosial seperti ini setiap tahun,” katanya.

Selaras dengan itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Mataram, Bakiriyanto, yang turut mendampingi DWP menyebutkan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sosial SMK Negeri 4 kepada masyarakat sekitar.

“kegiatan ini didasari oleh rasa kepedulian sosial dari temen-temen di dharma wanita SMK 4 Mataram di bidang sosial budaya,” ujar Bakiriyanto.

“Rencananya kegiatan ini akan dilanjutkan di panti asuhan, kemudian berbagi takjil dan sembako saat bulan Ramadan” imbuhnya.

Setelah mengunjungi para lansia ia mengaku tersentuh. “saya merasa bersyukur bisa bertemu dengan para lansia dengan segala kondisinya. Ternyata kepedulian ini dampaknya bukan kepada mereka yang kita beri, (tapi) ternyata pada diri kita sendiri” ucapnya.

Ia lalu menyebutkan berencana untuk mengajak warga sekolah agar mengadakan kegiatan serupa dan sudah dimulai oleh anggota OSIS SMK Negeri 4 Mataram.

Kegiatan seperti ini dianggapnya membuat Ibu-ibu Dharma Wanita lebih aktif dan bisa bermanfaat bagi sesama.

“melalui kegiatan ini ibu-ibu bisa dapat ilmu, tambah wawasan, paling tidak ilmunya nanti akan berguna di keluarganya” tutupnya.

Kepala Panti Sosial Lanjut Usia (PLSU) Mataram menyambut baik dan berterima kasih atas kedatangan DWP SMK Negeri 4 Mataram. Dirinya menyebutkan betapa pentingnya menghargai orang tua.

“Melihat bahwa sekolah-sekolah berkunjung ke panti sosial lanjut usia, itu mempunyai dampak yang baik, terutama mengingatkan kita kembali bahwa orang tua itu harus didahulukan dan dihormati. Semoga generasi ke depan lebih menyayangi orang tua, sebab dengan menyayangi orang tua Insyaallah akan diberi balasan yang baik” ucapnya.