Dinkes Mataram: Puskesmas Buka Pelayanan Vaksin Wajib Anak Tiap Hari

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi. (Foto: Inside Lombok/ANTARA/Nirkomala)

Mataram, 25/2 (Inside Lombok) – Dinas Kesehatan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, meminta 11 puskesmas di kota itu membuka pelayanan vaksin wajib bagi anak setiap hari tidak lagi dijadwal pada hari-hari tertentu, guna meningkatkan imunitas anak saat pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi di Mataram, Kamis, mengatakan pembukaan pelayanan setiap hari tersebut sebagai upaya mendorong kembali program vaksinasi wajib bagi anak-anak di tengah masa pandemi COVID-19.

“Jadi kapan pun anak-anak butuh divaksin wajib atau imunisasi dasar bagi balita bisa dilayani setiap saat di puskesmas. Bila perlu puskesmas pembantu (pustu) juga bisa melayani vaksin wajib,” katanya.

Selama ini, katanya, pelayanan vaksin wajib bagi anak hanya diberikan di posyandu dan di puskemas sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Akan tetapi, di tengah pandemi saat ini pelayanan tersebut harus dibuka setiap hari untuk memudahkan orang tua.

Dengan demikian, orang tua tidak perlu lagi menunggu jadwal posyandu dan jadwal pelayanan di puskesmas untuk memberikan imunisasi wajib kepada bayi dan balita mereka.

“Siapa tahu saat saat jadwal vaksin anak, orang tua tidak ada waktu sehingga harus menunggu jadwal berikutnya,” katanya

Menyinggung tentang kegiatan posyandu, Usman mengakui sejumlah kelurahan sudah melaksanakan kegiatan posyandu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Tapi ada juga beberapa kelurahan yang belum melasanakan posyandu, karena masih berstatus zona merah COVID-19. Jadi mereka belum berani karena khawatir terjadi risiko penularan,” kata Usman tanpa menyebut nama kelurahan berstatus zona merah itu. (Ant)